Implementation Of Blood Circulation Media To Improve The Ability To Identify The Human Blood Circulation System For Class V Students At Madrasaah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Dero Kesamben Jombang

Authors

  • Tri Wahyudi Ramdhan Darul Hikmah Islamic College

DOI:

https://doi.org/10.59841/inoved.v1i2.1542

Keywords:

Identify, Blood Sirculation, Natural Science

Abstract

This research is to improve the ability to identify human circulatory system of SCIENCE class V subjects at MI Miftahul Ulum Dero Kesamben Jombang which uses Blood Sirculation media, implemented in 2 cycles. Researchers use PTK, researchers took the class V of MI Miftahul Ulum Dero Kesamben Jombang with 20 students consisting of 12 men, 8 women. In the pre-cycle stage teachers still use conventional methods, so that only 2 students are able to achieve a classical survival with a percentage of 15%, average classification 42.50. After the media, Blood Sirculation in Cycle 1 experienced an increase of 25% with 12 skilled students. In Cycle 2 The students experience an increase significantly evidenced by the classical averages reaching 78 with a percentage of the 99.05% compensation. Therefore it was concluded that the SCIENCE learning in identifying the human circulatory system with Blood Sirculation is able to improve the ability to identify human circulatory system students class V MI Miftahul Ulum Dero Kesamben Jombang.

References

Aisyah, Nurul Bayu Widiyanto, & M. Aji Fatkurrohman. (2018). Efektivitas penggunaan alat peraga sistem peredaran darah terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP N Kota Tegal. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti, Januari.

Anggraeni, D. P., Widiyarti, & Prihatmanto, A. S. (2016). Simulasi aliran darah manusia dengan metoda Larange Smooth Particle Hydrodynamic (SPH). Jurnal Rekayasa dan Teknologi Elektro, Mei.

Djamarah, S. B., et al. (2000). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fadhilah, R. N. (2013). Penerapan metode pembelajaran bermain peran dalam pembelajaran terpadu untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada pokok bahasan tekanan darah kelas VIII SMP Negeri 1 Babat Kabupaten Lamongan. Jurnal Pendidikan Sains e-Pensa, September.

Imasnuna, L., Faizah, U., & Qosyim, A. (2016). Pengembangan alat peraga “Circulatory Bottle” untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP pada materi sistem peredaran darah pada manusia. Jurnal Universitas Negeri Surabaya.

Indahwati, T. S. J. W., Sunarno, S., & Sajidan. (2012). Penerapan model inquiry training melalui teknik peta konsep dan teknik puzzle ditinjau dari tingkat keberagaman aktivitas belajar dan kemampuan memori. Jurnal Inkuiri, September.

Maslaah, S. (2016). Penggunaan media gambar untuk meningkatkan prestasi belajar IPA kelas V sub pokok bahasan alat peredaran darah pada manusia di MI Ma’arif Tamansari Karangwelas Banyumas tahun pelajaran 2014/2015. (Skripsi, IAIN Purwokerto).

Murtiana, A. I. (2014). Pengaruh penggunaan media diorama terhadap hasil belajar IPA tentang ekosistem pada kelas V Grogol Bantul.

Ni Pt. Y. S., et al. (2013). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation berdasarkan keterampilan proses terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Gugus 2 Mengwi. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha.

Nurhayani, D., Sardimi, & Jumrodah. (2013). Pengaruh animasi terhadap hasil belajar konsep sistem peredaran darah manusia siswa kelas VII MTs Raudhatul Jannah Palangkaraya. Palangkaraya.

Pertiwi, P., & Sugiyanto. (2007). Efektifitas permainan konstruktif-aktif untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 2 sekolah dasar. Jurnal Psikologi, September.

Rosela, E. (2016). Penggunaan media edukasi ular tangga untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 2 Mlati Sleman pada materi sistem peredaran darah manusia. (Skripsi, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta).

Subekti, A. (2017). Sehat itu penting. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Tim Pustaka Yustisia. (2007). Panduan lengkap KTSP. Jakarta: Pustaka Yustisia.

Trianto. (2014). Model pembelajaran terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wisudawati, A., & Sulistiyowati, E. (2015). Metodologi pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.

Zahro, J. (2014). Penerapan metode jarimatika untuk meningkatkan keterampilan berhitung penjumlahan dan pengurangan kelas I di MIN Rejoso Peterongan Jombang tahun 2013/2014. (Skripsi, Unipdu Jombang).

Downloads

Published

2023-06-26

How to Cite

Tri Wahyudi Ramdhan. (2023). Implementation Of Blood Circulation Media To Improve The Ability To Identify The Human Blood Circulation System For Class V Students At Madrasaah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Dero Kesamben Jombang. Journal Innovation In Education, 1(2), 49–65. https://doi.org/10.59841/inoved.v1i2.1542

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.