Dampak Teknologi Informasi Terhadap Pendidikan Karakter Di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.59841/inoved.v2i3.1352Keywords:
technology, character educationAbstract
This study aims to determine the impact of information technology on character education in Indonesia. As well as knowing the ethical values of students in Indonesia and also knowing how the government improves the values of character education caused by current information technology. The method used in this research is descriptive qualitative method. The development of technology in modern times is increasingly rapid and we cannot avoid it, the development of technology today not only has a positive impact on people's lives, but also has a negative impact, one of which is in character education, the importance of the role of parents and teachers in character education. From the results of the study it was found that there are students now who are still very lacking in having character education caused by technology.
References
Adawiyah, Nursari Robiah. 2019. “Sosialisasi Pendidikan Berkarakter Dalam Gerakan Pramuka: Penelitian Tentang Pembentukan Karakter Anak Didik Di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Takokak Desa Bungbangsari Kecamatan Takokak Kabupaten Cianjur.”
Anggraeny, Devie, Dina Aulia Nurlaili, and Rachil Amalia Mufidah. 2020. “Analisis Teknologi Pembelajaran Dalam Pendidikan Sekolah Dasar.” Fondatia 4(1): 150–57.
Effendy, Erwan, Elsa Adelia Siregar, Putri Chairina Fitri, and Ibnu Alif Syahbana Damanik. 2023. “Mengenal Sistem Informasi Manajemen Dakwah (Pengertian Sistem, Karakteristik Sistem).” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 5(2): 4343–49.
Hasanah, Aan, Bambang Syamsul Arifin, Dita Handayani, and Mumu Mumu. 2022. “Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Teknologi Informasi Untuk Membentuk Karakter Bangsa.” Jurnal Sains Sosio Humaniora 6(1): 707–24.
Hibatullah, Faishal Arif. 2022. “Pengaruh Globalisasi Terhadap Pembangunan Karakter Generasi Muda Bangsa Indonesia.” Jurnal Pesona Dasar 10(1): 1–9.
Hidayah, Aeni. 2011. “Pendidikan Karakter Dan Budaya Melalui Teknoligi Informasi Dan Komunikasi.” Jurnal teknodik 15(2).
Juwita, Elsa Puji, Dasim Budimansyah, and Siti Nurbayani. 2015. “Peran Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Siswa.” Sosietas: jurnal pendidikan sosiologi 5(1).
Karim, Abdul et al. 2020. Pengantar Teknologi Informasi. Yayasan Labuhanbatu Berbagi Gemilang.
Kartini, Endang, Izrawati Izrawati, and Lalu Mimbar. 2020. “Pendidikan Karakter Mempengaruhi Pembentukan Kejujuran Siswa MTs Negeri 1 Lombok Barat.” Valid: Jurnal Ilmiah 17(1): 70–79.
Kistanti, Dian. 2019. “Analisis Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas III Sd Negeri 3 Teunom.” Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6(1).
Komara, Endang. 2018. “Penguatan Pendidikan Karakter Dan Pembelajaran Abad 21.” Sipatahoenan 4(1).
Krisnawati, Ester. 2016. “Perilaku Konsumsi Media Oleh Kalangan Remaja Dalam Pencarian Informasi (Studi Kasus Perilaku Remaja Di Kota Salatiga Dalam Penggunaan Media Dalam Perspektif Teori Ketergantungan Media).” KOMUNIKATIF: Jurnal Ilmiah Komunikasi 5(1): 43–69.
Lestari, Ambar Sri. 2014. “PemanfaatanTeknologi Informasi Dalam Pendidikan Karakter.” Shautut Tarbiyah 20(2): 1–20.
Mahfiana, Layyin. 2017. “Kesadaran Hukum Mahasiswa Terhadap Teknologi Dan Perkembangannya.” PROSIDING 1(8): 1–13.
Ngafifi, Muhamad. 2014. “Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi 2(1).
Prasetiawati, Prasetiawati. 2018. “Integrated Character Education Model Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Degradasi Moral Pelajar Indonesia.” Jurnal Ilmiah Dikdaya 8(1): 177–86.
Putri, Thasya Dwi. 2019. “Pengaruh Teknologi Terhadap Pendidikan Di Era Sekarang.”
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Journal Innovation In Education
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.