Pengaruh Tingkat Pendidikan terhadap Kesejahteraan Masyarakat di Desa Bube Baru Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo
DOI:
https://doi.org/10.59841/inoved.v3i2.2875Keywords:
Education Level, Community Welfare, PublicAbstract
This study aimed to determine the influence of education level on community welfare in Bube Baru Village, Suwawa Sub-District. This quantitative research used primary data obtained from the distribution of questionnaires to 56 people in Bube Baru Village. The data in this study were analyzed using simple linear regression. Based on the analysis, education level influenced the community’s welfare in Bube Baru Village, Suwawa Sub-District. Partially, the level of education significantly influenced the community’s welfare in Bube Baru Village, Suwawa Sub-District. The influence (partial) of the education level variable on the community’s welfare was 63,1%, and unexamined variables influenced 36,9%.
References
Aini, E. N., Isnaini, I., & Sukamti, S. (2018). Pengaruh tingkat pendidikan terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Kesatrian Kota Malang. Technomedia Journal (TMJ), 3(1).
Asyiah Siregar, N., & Ritonga, Z. (2018). Pengaruh pendidikan dan pendapatan keluarga terhadap kesejahteraan keluarga di Desa Sidolaju Ngawi. Informatika: Jurnal Ilmiah AMIK Labuhan Batu, 6(1).
Badan Pusat Statistik. (2010). Statistik pendidikan 2009. BPS RI.
Dedi, J., & Utari, P. A. (2019). Analisa pengaruh tingkat pendidikan terhadap pendapatan individu di Sumatera Barat. IKRAITH Ekonomika, 2(2).
Dwi, Y., & Erlian, S. (2014). Pengaruh gaya kepemimpinan dan tingkat pendidikan terhadap kinerja karyawan pada Direktorat Operasi/Produksi PT. X. INDEPT, 4(1).
Hanif, L., Ermawati, & Sari, D. P. (n.d.). Analisis pengaruh budaya kerja dan tingkat pendidikan terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat perspektif ekonomi Islam. Islamic Economics Journal, 1(1). (Tambahkan tahun jika tersedia)
Hitalessy, V., Roni, H., & Iswandi, I. (2018). Pengaruh tingkat pendidikan, pelatihan dan pengalaman kerja terhadap kinerja karyawan. IMAGE: Jurnal Riset Manajemen, 7(1), 38–44. https://doi.org/10.17509/image.v7i1.23137
Huang, J., & Fang, Y. (2021). Income inequality, neighbourhood social capital and subjective well-being in China: Exploration of a moderating effect. International Journal of Environmental Research and Public Health, 18(13). https://doi.org/10.3390/ijerph18136799
Ihsan, F. (2010). Dasar-dasar kependidikan komponen MKDK. Rineka Cipta.
Khotimah, K. (2018). Pengaruh tingkat pendidikan, pertumbuhan ekonomi, angkatan kerja, dan upah minimum terhadap tingkat pengangguran di DIY tahun 2009–2015. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 7, 599–609.
Komang, A. A. P., & Sudarsana, A. (2018). Analisis pengaruh tingkat pengangguran terbuka, kesempatan kerja, dan tingkat pendidikan terhadap tingkat kemiskinan pada kabupaten/kota di Provinsi Bali. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 7(3).
Majid, M. S. A. (2014). Analisis tingkat pendidikan dan kemiskinan di Aceh. Jurnal Pencerahan, 8(1).
Muhammad, R. N. (2020). Pengaruh tingkat pendidikan terhadap tingkat kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bantul. Jurnal Solusi, 15(1).
Noor, K. P. (2015). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga, 1(2).
Rizki, A. M., & Saputra, N. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesejahteraan masyarakat Kota Padang. Jurnal El-Riyasah, 11(1).
Sriyono. (2015). Pengaruh tingkat pendidikan dan pemahaman masyarakat tentang ikan berformalin terhadap kesehatan masyarakat. (Nama jurnal tidak dicantumkan, mohon dilengkapi)
Sugiyono. (2011). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sultana, N., Hossain, M. E., & Islam, M. K. (2015). Income diversification and household well-being: A case study in rural areas of Bangladesh. International Journal of Business and Economics Research, 4(3), 172–179. https://doi.org/10.11648/j.ijber.20150403.20
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal Innovation In Education

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.