Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembentukan Niat dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendidikan Agama Islam: Telaah Psikologi Pendidikan

Authors

  • Afrilianti Nabila Universitas Islam Negeri Mataram, Nusa Tenggara Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59841/ihsanika.v3i3.2853

Keywords:

Islamic Religius Education, learning motivation, intention, Islamic values, educational psychology

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi nilai-nilai Islam dalam membentuk motivasi dan niat belajar siswa melalui Pendidikan Agama Islam (PAI), dengan menggunakan pendekatan kajian pustaka. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain penelitian kepustakaan, dengan fokus pada sumber-sumber primer dan sekunder seperti buku-buku, artikel jurnal, dan teks-teks Islam klasik. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana nilai-nilai seperti keikhlasan (ikhlas), kesabaran (sabr), dan mengejar ilmu sebagai ibadah berkontribusi untuk membangun motivasi intrinsik yang kuat. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam, jika dikombinasikan dengan prinsip-prinsip dari psikologi pendidikan seperti Teori Penentuan Nasib Sendiri dan Hirarki Kebutuhan Maslow dapat berfungsi sebagai media yang ampuh untuk menumbuhkan pertumbuhan spiritual dan psikologis siswa. Integrasi ini tidak hanya memperkuat keterlibatan akademis siswa tetapi juga membentuk karakter holistik yang didasarkan pada fondasi agama dan psikologis. Implikasinya menunjukkan bahwa nilai-nilai Islam harus secara eksplisit tertanam dalam strategi pengajaran PAI untuk meningkatkan niat dan motivasi siswa untuk belajar. Makalah ini berkontribusi pada wacana tentang pembelajaran berbasis nilai dan menawarkan wawasan teoritis bagi para pendidik, pengembang kurikulum, dan pembuat kebijakan dalam pendidikan Islam.

References

Al-Ghazali. (1993). Ihya’ Ulumuddin. Dar al-Kutub al-Ilmiyah.

Al-Munir. (2022). Integrasi psikologi pendidikan dan nilai Islam dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 34–46.

Amelia, U. (2023). Tantangan pembelajaran era Society 5.0 dalam perspektif manajemen pendidikan. Al-Marsus: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68–82.

Daradjat, Z. (1992). Pendidikan Islam dalam keluarga dan sekolah. Bulan Bintang.

Deci, E. L., & Ryan, R. M. (1985). Intrinsic motivation and self-determination in human behavior. Plenum Press.

Gleitman, H. (2010). Psikologi (Edisi ke-6). Erlangga.

Lubis, M. (2023). Tujuan pendidikan dalam perspektif Hasyim Asy’ari. Jurnal Pendidikan Islam Nusantara, 7(2), 112–123.

Makmun, A. S. (2008). Psikologi pendidikan. Remaja Rosdakarya.

McDonald, F. J. (1990). Educational psychology. Wadsworth Publishing Company.

Mukti, M. C. (2019). Peran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMPN 10 Bandar Lampung [Skripsi, UIN Raden Intan Lampung].

Purwanto, M. N. (2003). Psikologi pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Robbins, S. P. (2008). Organizational behavior. Pearson Prentice Hall.

Santrock, J. W. (2012). Educational psychology. Kencana.

Sardiman, A. M. (2005). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Raja Grafindo Persada.

Shofwan, M. (2017). Pendidikan Islam dalam perspektif filosofis dan sosiologis. Kencana.

Suryabrata, S. (2011). Psikologi pendidikan. Rajawali Pers.

Taufiq, M. (2006). Niat dalam perspektif Islam dan psikologi. Jurnal Kajian Islam, 4(2), 89–98.

Uno, H. B. (2008). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis dalam bidang pendidikan. Bumi Aksara.

Wijayanti, F. A., & Aisahningsih, S. (2023). Niat belajar dalam perspektif pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan dan Kajian Islam, 5(1), 21–33.

Yamin, M. (2003). Strategi pembelajaran berbasis kompetensi. Gaung Persada Press.

Downloads

Published

2025-06-15

How to Cite

Afrilianti Nabila. (2025). Integrasi Nilai-Nilai Islam dalam Pembentukan Niat dan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pendidikan Agama Islam: Telaah Psikologi Pendidikan. IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(3), 104–114. https://doi.org/10.59841/ihsanika.v3i3.2853

Similar Articles

<< < 12 13 14 15 16 17 18 19 20 21 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.