Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Usaha Rumahan Kerupuk Kelempang Cek Isyah Palembang

Authors

  • Agil Alparabi UIN Raden Fatah Palembang
  • Hilda Hilda UIN Raden Fatah Palembang
  • Chici Rima Putri Pratama UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.59841/excellence.v2i2.1328

Keywords:

Price, Product Quality, Service Quality, Customer Satisfaction

Abstract

The purpose of this research is to determine the influence of price, product quality and service quality on customer satisfaction at the home business Kerupuk Kelempang Cek Isyah Palembang. This research uses primary data with a quantitative approach. Classic assumption testing techniques and hypothesis testing using IBM SPSS 26 statistical analysis. The results of this research show that Price has a positive and significant effect on Customer Satisfaction, Product Quality has a positive and significant effect on Customer Satisfaction, and Service Quality has a positive and significant effect on Customer Satisfaction . Price, product quality and service quality simultaneously have a positive and significant effect on customer satisfaction.

References

Anugrah, R., Hanoum, F. C., Satmoko, N. D., Muyasaroh, Tomahuw, R., Anggraini, R. I., & others. (2020). Manajemen kualitas. Jurnal Ilmu Pendidikan. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Bimbing, A., Tamengkel, L. F., & Mukuan, D. D. S. (2024). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada bengkel Pelita Motor. Jurnal Administrasi Bisnis, 14(1), 43-44.

Darma, B. (2021). Statistik penelitian menggunakan SPSS. Jawa Barat: Guepedia.

Efendi, F. B., & Aminah, S. (2023). Pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian produk skincare Skintific (Studi pada mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur). J-MAS (Jurnal Manajemen dan Sains), 8(1), 762-766.

Felicia, N. (2020). Studi pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan PT. Citra Nusa Insan Cemerlang (CNI) untuk kategori produk food. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 4(1), 54.

Hermawan, I. (2019). Metode penelitian pendidikan (kualitatif, kuantitatif, dan mixed method). Jawa Barat: Hidayatul Quran.

Imam, M., & Mursidah, N. (2021). Analisis pengaruh price earning ratio dan earning per share terhadap return saham pada sub sektor property and real estate yang terdaftar di BEI. Borneo Student Research, 2(2), 1460-1468.

Kumrotin, E. L., & Susanti, A. (2021). Pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Cafe Ko.We.Cok di Solo. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia), 6(1), 1-14.

Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33-39.

Mansandra, H., Chandrayanti, T., Meri, & Anggraini, D. (2023). Pengaruh lokasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada Resto Incim Alahan Panjang. Jurnal Martua, 5(1), 15-28.

Narimawati, U., & Munandar, D. (2020). Teknik sampling: Teori dan praktik dengan menggunakan SPSS 15. Yogyakarta: Gava Media.

Purnomo, S. (2022). Teori ekonomi mikro. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Rianto, M. N. (2020). Dasar-dasar pemasaran bank syariah. Jakarta: Alfabeta.

Sangadji, E. M. (2021). Perilaku konsumen. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Suryani, N. L., & Sulaeman, A. (2021). Pengaruh rekrutmen dan seleksi karyawan terhadap kinerja karyawan PT. Telkom Akses Jakarta Barat. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4(2), 165-173.

Syah, A. (2021). Manajemen pemasaran kepuasan pelanggan (A. T. Putranto, Ed.). Cet. 1. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Triongko, B., Widodo, U., & Widowati, M. (2022). Pengaruh harga, kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan (Studi pada Aki Incoe PT Meka Adipratam di Kota Semarang). Jurnal Ilmiah Fokus Ekonomi, Manajemen, Bisnis & Akuntansi (EMBA), 1(2), 214-226.

Ulfa, R. (2021). Variabel penelitian dalam penelitian pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 342-351.

Yusuf, M. (2020). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif & penelitian gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group.

Zahra, S., Quraysin, T., Ramdani, A., Harsono, P., & Puspa, R. (2023). Dasar-dasar manajemen pemasaran. EUREKA MEDIA AKSARA.

Published

2024-06-14

How to Cite

Agil Alparabi, Hilda Hilda, & Chici Rima Putri Pratama. (2024). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Usaha Rumahan Kerupuk Kelempang Cek Isyah Palembang. Journal Economic Excellence Ibnu Sina, 2(2), 107–119. https://doi.org/10.59841/excellence.v2i2.1328

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.