Analisis Nilai Moral pada Cerpen Digital Kompas Edisi Maret 2025 sebagai Alternatif Bahan Ajar SMA Kelas XI

Authors

  • Ulfi Akhyatussyifa Universitas Negeri Semarang
  • Ain Nina Nur Fahonah Universitas Negeri Semarang
  • Erina Hidayah Universitas Negeri Semarang
  • Vianni Nifattien Vrisna Putri Universitas Negeri Semarang
  • Qurrota Ayu Neina Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.59841/blaze.v3i2.2680

Keywords:

Nilai moral, Cerpen digital Kompas, Bahan Ajar

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah semakin menurunnya nilai moral di kalangan siswa yang ditandai dengan melemahnya sopan santun, tanggung jawab, dan empati. Penelitian ini membahas nilai-nilai moral yang terkandung dalam cerpen digital Kompas edisi Maret 2025 dan pemanfaatannya sebagai alternatif bahan ajar sastra di SMA kelas XI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk nilai moral yang muncul dalam cerpen serta menilai kelayakan cerpen tersebut sebagai media pembelajaran sastra yang relevan dengan kehidupan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi pustaka, simak, dan catat. Sumber data utama adalah tujuh cerpen dari Kompas digital edisi Maret 2025, sedangkan data sekunder diperoleh dari buku dan jurnal terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cerpen-cerpen tersebut mengandung nilai-nilai moral seperti tanggung jawab, empati, solidaritas sosial, ketulusan, penghargaan terhadap sesama, dan kejujuran. Nilai-nilai ini disampaikan baik secara tersirat melalui perilaku tokoh maupun secara tersurat dalam narasi cerita. Cerpen-cerpen tersebut juga dinilai layak digunakan sebagai bahan ajar karena mendukung penguatan karakter siswa, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, serta sesuai dengan capaian pembelajaran dalam kurikulum bahasa Indonesia kelas XI. Penelitian ini bermanfaat dalam memperkaya alternatif sumber pembelajaran yang berbasis teks sastra aktual dan bermuatan moral.

References

Dewayani, S. (2017). Menghidupkan Literasi di Ruang Kelas.

Fauziyah, R., & Rahma, R. (2020). Optimalisasi Cerpen Digital Berbasis Web Sebagai Alternatif Media Pendukung Gerakan Literasi Sekolah. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 435–438. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1378

Layali, A., Darmuki, A., & Setiyono, J. (2021). Analisis Nilai Moral dalam Novel Ibu, Sedang Apa? Karya Edi AH Iyubenu dan Hubungannya dengan Pembelajaran di SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 705–712. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1204

Nurdadi, D. N., Anmawar, J. N., Sudiatmi, T., Veteran, U., & Nusantara, B. (2023). Nilai Moral Dalam Cerpen Yang Bertahan Dan. Jurnal Bastra, 8(3).

Qomariyah, U., & Neina, Q. A. (2020). the Construction of Children Moral Reasoning in Strengthening Self-Control. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 13(2). https://doi.org/10.26858/retorika.v13i2.12436

Rizam, M. M., & Ayuanita, K. (2024). Kajian Ekologi Cerpen Digital Berbasis Web dan Implementasinya. November, 451–462. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.17362

Amna, Harliyana, I., & Rasyimah. (2022). Analisis Unsur Intrinsik dalam Novel Te O Toriatte (Genggam Cinta) Karya Akmal Nasery Basral. Kande: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 227–239.

Arianti, I. (2020). Analisis Kajian Struktural dan NIlai Moral Dalam Cerpen “Gugatan” Karya Supartika. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(3), 369–376.

Dewayani, S. (2017). Menghidupkan Literasi di Ruang Kelas.

Fauziyah, R., & Rahma, R. (2020). Optimalisasi Cerpen Digital Berbasis Web Sebagai Alternatif Media Pendukung Gerakan Literasi Sekolah. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 435–438. http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1378

Layali, A., Darmuki, A., & Setiyono, J. (2021). Analisis Nilai Moral dalam Novel Ibu, Sedang Apa? Karya Edi AH Iyubenu dan Hubungannya dengan Pembelajaran di SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 705–712. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1204

Nurdadi, D. N., Anmawar, J. N., Sudiatmi, T., Veteran, U., & Nusantara, B. (2023). Nilai Moral Dalam Cerpen Yang Bertahan Dan. Jurnal Bastra, 8(3).

Qomariyah, U., & Neina, Q. A. (2020). the Construction of Children Moral Reasoning in Strengthening Self-Control. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 13(2). https://doi.org/10.26858/retorika.v13i2.12436

Rizam, M. M., & Ayuanita, K. (2024). Kajian Ekologi Cerpen Digital Berbasis Web dan Implementasinya. November, 451–462. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.17362

Faozi, R., & Qomariyah, U. (2020). NILAI MORAL PADA ANTOLOGI CERPEN KASUR TANAH (CERPEN PILIHAN KOMPAS 2017) DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR SASTRA DI SMA/ MA. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1).

Hanggara, R. D., Rohayati, N., & Munir. (2025). Nilai Moral dalam Novel Panji Boma Karya Andri Noviadi (Alternatif Pengayaan Bahan Ajar KD. 3.9 Analisis Isi dan Kebahasaan Novel). 9(1), 1–23.

Layali, A., Darmuki, A., & Setiyono, J. (2021a). Analisis Nilai Moral dalam Novel Ibu, Sedang Apa? Karya Edi AH Iyubenu dan Hubungannya dengan Pembelajaran di SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 705–712. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1204

Layali, A., Darmuki, A., & Setiyono, J. (2021b). Analisis Nilai Moral dalam Novel Ibu, Sedang Apa? Karya Edi AH Iyubenu dan Hubungannya dengan Pembelajaran di SMA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 705–712. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1204

L Hadiansyah Santri Patmiyani Haga Kore, K. E., Rohman Soleh, D., & Winarsih, E. (2019). Nilai Moral Dalam Novel “Rumah Pucat” (Vol. 07, Issue 1).

Nadiva Putri Ananda. (2024). Dampak Media Sosial Terhadap Pendidikan di SD. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya, 3(1), 71–78. https://doi.org/10.55606/protasis.v3i1.139

Naufal, M. Z., & Taminah. (2025). Analisis Nilai Moral dalam Novel Orang-Orang Biasa Karya Andrea Hirata dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Ajar Pembelajaran Sastra di SMA. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research Volume, 5(11), 3181–3197.

Nugroho, L. D., & Suseno. (2019a). Analisis Nilai Moral Pada Cerpen Surat Kabar Suara Merdeka Edisi Bulan Oktober Sampai Desember 2017 Sebagai Alternatif Bahan Ajar SMA Kelas XI. 8(2).

Nugroho, L. D., & Suseno. (2019b). Analisis Nilai Moral Pada Cerpen Surat Kabar Suara Merdeka Edisi Bulan Oktober Sampai Desember 2017 sebagai Alternatif Bahan Ajar SMA Kelas XI. 8(2).

Nurdadi, D. N., Anmawar, J. N., Sudiatmi, T., Veteran, U., & Nusantara, B. (2023a). Nilai Moral Dalam Cerpen Yang Bertahan Dan. Jurnal Bastra, 8(3).

Nurdadi, D. N., Anmawar, J. N., Sudiatmi, T., Veteran, U., & Nusantara, B. (2023b). Nilai Moral Dalam Cerpen Yang Bertahan Dan. Jurnal Bastra, 8(3).

Nurgiyantoro, B. (2018). Teori Pengkajian Fiksi. UGM PRESS.

Pendidikan Bahasa, J., Dwi, L., Suseno, N. , Bahasa, J., Indonesia, S., Bahasa, F., & Seni, D. (2019). JPBSI 8 (2) (2019) Analisis Nilai Moral Pada Cerpen Surat Kabar Suara Merdeka Edisi Bulan Oktober Sampai Desember 2017 Sebagai Alternatif Bahan Ajar Sma Kelas XI. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi

Permatasari, N. I., Suwangsih, E., & Wulan, N. S. (2024). Analisis Nilai Moral dalam Buku Cerita Rakyat Tiga Sekawan dan Possalia Sebagai Alternatif Bahan Ajar Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. 07(05), 975–981.

Pratama, R. (2017). Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Cerita Pendek Siswa Kelas V SD NEGERI 16 BANDA ACEH. In Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah (Vol. 2, Issue 1).

Sanjaya, M. D., Sanjaya, M. R., & Mustika, D. (2021a). Keluarga Ku Tak Semurah Rupiah Karya R Ayi Hendrawan Supriadi Dan Relevansinya Terhadap Pembelajaran Sastra Di Sma. Bindo Sastra, 5(1), 19–24.

Sanjaya, M. D., Sanjaya, R. M., & Mustika, D. (2021b). Analisis Nilai Moral dalam Kumpulan Cerpen Keluarga Ku Tak Semurah Rupiah Karya R Ayi Hendrawan Supriadi Dan Relevansinya terhadap Pembelajaran Sastra DI SMA. Bindo Sastra, 20–21. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/bisastra/index

Stanton, R. (2007). Teori Fiksi Robert Stanton. Pustaka Pelajar.

Suriyanti, Y., & Astikawati, Y. (2021). Peran Guru Ips Terpadu Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di Sekolah Menengah Pertama (Smp) Negeri 05 Tempunak Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurkami: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 33–42. https://doi.org/10.31932/jpe.v6i1.566

Utami, P. S. (2017). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pendidikan Moral Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(1), 48–53. https://doi.org/10.17977/um019v2i12017p048

Wicaksono, A. (2017). Pengkajian Prosa Fiksi (Edisi Revisi). Garudhawaca.

Yanti, F., Putri, D., & Arianti, R. (2022). Pendidikan Nilai Moral Dalam Novel (Analisis Pembelajaran Sastra Di Sekolah). Journal of Literature Rokania, 1(1), 28–33. https://doi.org/10.56313/jlr.v1i1.108

Downloads

Published

2025-05-20

How to Cite

Ulfi Akhyatussyifa, Ain Nina Nur Fahonah, Erina Hidayah, Vianni Nifattien Vrisna Putri, & Qurrota Ayu Neina. (2025). Analisis Nilai Moral pada Cerpen Digital Kompas Edisi Maret 2025 sebagai Alternatif Bahan Ajar SMA Kelas XI. BLAZE : Jurnal Bahasa Dan Sastra Dalam Pendidikan Linguistik dan Pengembangan, 3(2), 50–65. https://doi.org/10.59841/blaze.v3i2.2680

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.