Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Non Racikan Pada Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Di Rumah Sakit Harapan Bunda (RSHB) Kota Batam

Authors

  • Nur Wafiq Azizah Institut Kesehatan Mitra Bunda
  • Reny Haryani Institut Kesehatan Mitra Bunda
  • Desy Maniarti Gusmali Institut Kesehatan Mitra Bunda
  • Aprilya Sri Rachmayanti Institut Kesehatan Mitra Bunda
  • Nahrul Hasan Institut Kesehatan Mitra Bunda

DOI:

https://doi.org/10.59841/an-najat.v1i2.965

Keywords:

Minimum Service Standards, Waiting Time, Non Concocted Drugs

Abstract

One of the Minimum Service Standards for hospital pharmacy is waiting time. Waiting time for drug service is the time from the patient submitting the prescription to receiving the drug. This study aims to analyze the accuracy of waiting time for non-recipe prescription services for BPJS patients at RSHB Pharmacy Batam City in accordance with Kepmenkes Number 129 / Menkes / SK / II / 2008 and determine the factors that cause the length of a prescription service process. This study used purposive sampling method for BPJS patients at RSHB Batam City. This research concludes with a sample size of 187 non-recipe prescriptions. The conclusion of this study is that the average prescription service time is 49.11 minutes, which means that the Batam City RSHB Pharmacy has not met the Minimum Hospital Service Standards

References

Adisasmito, W. (2009). Sistem Manajemen Lingkungan Rumah Sakit. PT Raja Grafindo Persada.

Amalia, M., & Pratiwi, E. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Waktu Tunggu Pelayanan di Instalasi Rawat Jalan RSUD Luwuk Banggai pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Kedokteran Dan Kesehatan, 1(1).

Amalia, T. dan D. N. D. (2022). Evaluasi Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Obat Berdasarkan Tingkat Kepuasan Masyarakat di Rumah Sakit Y. Inkofar, 6(1).

Arfania, M., Fauziah, D. N., Mardiana, L. A., Farmasi, F., Buana, U., Karawang, P., & Barat, J. (2022). Hubungan Antara Waktu Tunggu Pelayanan Resep Non Racikan Dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Farmasi Puskesmas Cikampek Utara. Sains Dan Ilmu Farmasi, 7(1), 44–53.

Ayu Septi, N. L., Oviani, G. A., & Marangyana, I. G. B. I. (2022). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep BPJS Rawat Jalan di Instalasi Farmasi RSU X Ubung. 6(2), 88–92.

Ayuningtyas. (2011). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Pasien Umum di Depo Rawat Jalan di Rumah Sakit Karya Bhakti. Universitas Indonesia.

Bachrun, E. (2018). Pengaruh Waktu Tunggu Terhadap Kepuasan Pasien di Unit Rawat Jalan di Rumah Sakit Santa Clara. Globbal Health Science, 3(3), 272–278.

Bachtiar, A., Amelia, R., Hidayati, N. R., & Komariah, O. (2022). Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Obat di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Rumah Sakit Mitra Plumbon Cirebon. Medimuh: Jurnal Kesehatan Muhammadiyah, 2(2).

Bato, F. M. (2018). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Obat Jadi Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Kefamenanu. Politeknik Kesehatan Kemenkes Kupang.

Depkes RI. (2007). Riset Kesehatan Dasar. Jakarta : Departemen Kesehatan RI.

Endang, S. . (2018). Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan di Innstalasi Farmasi Rumah Sakit Universitas Sumatera Utara. 44–48.

Fahrizal. (2016). Analisis Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Rumah Sakit Bidang Farmasi di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Muara Teweh Tahun 2016. Tesis Fakultas Farmasu Universitas Setia Budi, 1.

Heryanto, C. A. W., Korangbuku, C. S. F., Djeen, M. I. A., & Widayati, A. (2019). Pengembangan dan Validasi Kuesioner untuk Mengukur Penggunaan Internet dan Media Sosial dalam Pelayanan Kefarmasian. Indonesian Journal of Clinical Pharmacy, 8(3). https://doi.org/10.15416/ijcp.2019.8.3.175

Karminingtyas, S. R., Rawandi, & Istiharyani, M. (2022). Evaluasi Waktu Tunggu Pelayanan Resep BPJS dan Non BPJS di Instalasi Farmasi Rumah Sakit. Journal of Holistics and Health Sciences (JHHS), 4(2).

Kemenkes RI. (2008). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 129/MenKes/SK/X/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta : Kemenkes RI.

Kemenkes RI. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit. Jakarta : Kemenkes RI.

Kemenkes RI. (2013). Riset Kesehatan Dasar. Jakarta : Kemenkes RI.

Kemenkes RI. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan No 72 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Rumah Sakit. Jakarta : Kemenkes RI.

Kemenkes RI. (2017). Permenkes Nomer 34 Tahun 2017 tentang Akreditasi Rumah sakit. Jakarta : Kemenkes RI.

Maftuhah, A. (2016). Waktu Tunggu Pelayanan Resep Rawat Jalan Di Depo Farmasi Rsud Gunung Jati Kota Cirebon Tahun 2016. 39–44.

Mulya, A., Ennimay, E., & Devis, Y. (2023). Analisa Faktor Waktu Tunggu Pelayanan Resep di Rumah Sakit Pekanbaru Medical Center. JFIOnline | Print ISSN 1412-1107 | e-ISSN 2355-696X, 15(1). https://doi.org/10.35617/jfionline.v15i1.141

Notoatmodjo. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. PT Rineka Cipta.

Notoatmodjo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. PT Rineka Cipta.

Perpres RI. (2018). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan.

Pertiwi, A. (2017). Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan Pada Pasien BPJS dan Pasien Umum Terhadap Kepuasan Pasien di Rawat Jalan RSUD Kota Surakarta. Jurnal Manajemen Dayasaing, 18(2). https://doi.org/10.23917/dayasaing.v18i2.4508

Purwandari N.K, Suryoputro A, & Arso S.P. (2017). Analisis Waktu Tunggu Pelayannan Resep Pasienn Rawat Jalan di Depo Farmasi Gedung MCEB RS Islam Sultan Agung Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(1).

Downloads

Published

2023-05-30

How to Cite

Nur Wafiq Azizah, Reny Haryani, Desy Maniarti Gusmali, Aprilya Sri Rachmayanti, & Nahrul Hasan. (2023). Analisis Waktu Tunggu Pelayanan Resep Non Racikan Pada Pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Di Rumah Sakit Harapan Bunda (RSHB) Kota Batam. An-Najat, 1(2), 243–254. https://doi.org/10.59841/an-najat.v1i2.965

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.