Penerapan Lean Hospital untuk Menganalisis Waste dalam Meminimasi Waktu Tunggu Rawat Jalan: Literatur Review
DOI:
https://doi.org/10.59841/an-najat.v2i2.1141Keywords:
Pemborosan, Penerapan Lean, Rawat Jalan, Waktu Tunggu, Lean HospitalAbstract
Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pelayanan rawat jalan adalah dengan memastikan bahwa pasien mendapatkan perawatan yang tepat pada waktunya. Masih terdapat rumah sakit yang menimbulkan waste (pemborosan) pada pelayanan rawat jalan karena belum menerapkan lean hospital. Penelitian ini menggunakan metode literature review atau tinjauan pustaka. Data hasil penelitian didapat melalui database Google Scholar dan PubMed dengan rentang 5 tahun terakhir (2019-2024). Dari hasil penelitian tersebut pemborosan terutama terkait dengan waktu tunggu pasien dan kurangnya informasi kepada pasien. Usaha meminimalkan pemborosan tersebut dilakukan melalui evaluasi menyeluruh dan rekomendasi solusi perbaikan yang spesifik.
References
Andri, A., & Sembiring, D. (2019). Penerapan Lean Manufacturing Dengan Metode VSM (Value Sream Mapping) untuk Mengurangi Waste Pada Proses Produksi Pt.XYZ. Faktor Exacta, 11(4), 303. https://doi.org/10.30998/faktorexacta.v11i4.2888
Anthony Surya Wirawan, & Dwi Sukma Donoriyanto. (2023). Analisis Pemborosan Waktu Pelayanan Dengan Metode Lean Healthcare Dan Failure Mode And Effects Analysis Di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(2), 58–63. https://doi.org/10.58169/saintek.v2i2.244
Astiena, A., & Azmi, F. (2020, October 12). Analysis of Outpatient’s Waiting Time and Patient’s Satisfaction at Dr M Djamil Hospital 2019. European Alliance for Innovation n.o. https://doi.org/10.4108/eai.9-10-2019.2297161
Astuti, F. H., & Saskia, T. (2021). ANALISIS LEAN HEALTHCARE GUNA MEMINIMASI WASTE PADA POLIKLINIK PENYAKIT ANAK. JISI: Jurnal Integrasi Sistem Industri, 8(1), 23. https://doi.org/10.24853/jisi.8.1.23-33
Damayanti, V. A. R., & Ernawaty, E. (2022). Analisis Waste Alur Pelayanan Rawat Jalan RS. Mata Undaan Surabaya Sebagai Upaya Peningkatan Capaian Waktu Tunggu. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 10(3), 228–230. https://doi.org/10.14710/jmki.10.3.2022.228-230
Fitria, L., Dery, B. A., & Prassetiyo, H. (2019). IMPLEMENTASI LEAN HEALTHCARE UNTUK MENGIDENTIFIKASI DAN MEMINIMASI WASTE DI INSTALASI RAWAT JALAN RSAI BANDUNG. SPEKTRUM INDUSTRI, 17(2), 179. https://doi.org/10.12928/si.v17i2.13921
Galih, E. (2021). Indikator Mutu Nasional Rumah Sakit di Indonesia. Cipta Mulya Medika.
Kam, A. W., Collins, S., Park, T., Mihail, M., Stanaway, F. F., Lewis, N. L., … Smith, J. E. H. (2021). Using Lean Six Sigma techniques to improve efficiency in outpatient ophthalmology clinics. BMC Health Services Research, 21(1), 38. https://doi.org/10.1186/s12913-020-06034-3
KEMENTRIAN kESEHATAN. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2022 Tentang Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan Tempat Praktik Mandiri Dokter Dan Dokter Gigi, Klinik, Pusat Kesehatan Masyarakat, Rumah Sakit, Laboratorium Kesehatan, Dan Unit Transfu. Menteri Kesehatan Republik Indonesia Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 879, 2004–2006.
Kania Rizqita Dewi, Putri Regita Miolda, Triayu Nur Afifah, & Acim Heri Iswanto. (2023). Analisis Dampak Implementasi Lean Hospital Terhadap Pelayanan Pasien Instalasi Rawat Jalan
Rumah Sakit di Indonesia: Studi Literatur. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan Indonesia, 3(2), 43–52. https://doi.org/10.55606/jikki.v3i2.1574
Kurniasih, D., Nuryakin, N., & Pribadi, F. (2021). Implementasi Lean Hospital dalam Meningkatkan Pelayanan Rawat Jalan Poliklinik Penyakit Dalam. Performance: Jurnal Personalia, Financial, Operasional, Marketing Dan Sistem Informasi, 28(1), 1–14.
Lestari, F., Rayendra, R., Harasakito, O., & Kurniawan, R. (2021). Lean Hospital To Reduce Waste Using Waste Relationship Matrix. 2021 International Congress of Advanced Technology and Engineering (ICOTEN), 1–6. IEEE. https://doi.org/10.1109/ICOTEN52080.2021.9493506
Lestari, K., & Susandi, D. (2019). Penerapan Lean Manufacturing untuk mengidentifikasi waste pada proses produksi kain knitting di lantai produksi PT. XYZ. Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar, 10(1), 567–575.
Masuti, P. M., & Dabade, U. A. (2019). Lean manufacturing implementation using value stream mapping at excavator manufacturing company. Materials Today: Proceedings, 19, 606–610. https://doi.org/10.1016/j.matpr.2019.07.740
Muthia, A., Riandhini, R. A., & Sudirja, A. (2020). Optimalisasi Upaya Penerapan Lean Hospital Di Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Tugu Ibu Depok. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 6(1), 108. https://doi.org/10.29241/jmk.v6i1.312
Pamungkas, L., & Irawan. (2020). Strategi Pengurangan Risiko Kerusakan Pada Komponen Kritis Boiler di Industri Pembangkit Listrik. JURNAL OPTIMALISASI, 6(1), 86–95.
Tasya Farida H, & Sali Setiatin. (2021). ANALISIS LAMA WAKTU TUNGGU PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN DI BAGIAN PENDAFTARAN RUMAH SAKIT X BANDUNG. Akrab Juara : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosia, 6(5), 119–126.
Vidian Paquita, E., Pringgo, D., & Laksono, W. (2022). Upaya Pengendalian Kualitas Produk Menggunakan Metode Fmea Serta Pendekatan Kaizen di PT Dan Liris. Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC.
Wati, A. L., Muhardi, M., & Nu’man, H. (2022). Penerapan Lean Hospital pada Pelayanan Unit Gawat Darurat di RSUD Bayu Asih Kabupaten Purwakarta. Jurnal Sosial Teknologi, 2(4), 313–329. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v2i4.326
Yupiya Dwi Nur Ariska, & Enny Aryanny. (2023). Analisis Tingkat Pemborosan Waktu Pelayanan Poli Mata Dengan Value Stream Mapping Dan Value Stream Analysis Pada RSU Muhammadiyah Ponorogo. Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(1), 57–73. https://doi.org/10.58169/saintek.v2i1.136
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 An-Najat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.