Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Minat Masyarakat pada Madrasah Ibtidaiyyah Annibros I Desa Galis Kecamatan Giligenting Kabupaten Sumenep

Authors

  • Kadarisman Kadarisman Universitas KH. Abdul Chalim
  • Zakariyah Zakariyah Universitas KH. Abdul Chalim

DOI:

https://doi.org/10.59841/inoved.v2i4.1854

Keywords:

Management, Pincipal, Community Interest

Abstract

This study aims to (1) determine how school management increases community interest in MI Annibros I, Galis Village, Giligenting District, Sumenep Regency; (2) identify the problems and solutions in the implementation of the principal's management in boosting community interest in MI Annibros I, Galis Village, Giligenting District, Sumenep Regency; and (3) assess the impact of the principal's management on enhancing community interest in MI Annibros I, Galis Village, Giligenting District, Sumenep Regency. The approach used in this research is descriptive qualitative. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation. Data analysis involves data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Data validity tests utilize source triangulation, technique triangulation, and time triangulation. The results show that the principal's management in increasing community interest involves creating flagship programs such as daily religious activities (Imtaq), Scouts, drum bands, English clubs, Arabic language clubs, publicizing, improving teacher quality, and enhancing infrastructure and facilities. The impact of implementing the principal's management is highly positive, as indicated by the increasing number of student admissions each year: 60 students in 2019/2020, 62 students in 2020/2021, 64 students in 2021/2022, 66 students in 2022/2023, and 67 students in 2023/2024.

References

A. Muri Yusuf, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan, Jakarta: Prenadamedia Group, 2019.

Abrori, Maskup, “Strategi Pemasaran Lembaga Pendidikan Untuk Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Di Pg/Tk Samarinda” Jurnal Syamil, 2, (2015).

Afnina, Strategi Bauran Promosi Terhadap Sikap Konsumen dalam Mengambil Keputusan Menjadi Mahasiswa Pada Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Pase Langsa. Tesis, (medan: Sekolsh Pascasarjana Universitas Sumatera Utara, 2011).

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Jakarta : Rineka Cipta, 2013).

Bungin, M.Burhan, Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. 1 ed. (Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2007).

Djum Djum Noor Benty, Imam Gunawan, Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktik, (Bandung : Alfabeta, 2017).

Dr. Muhammad Kristiawan,dkk., Manajemen Pendidikan, Yoyakarta: Cv Budi Utama, 2017.

George R. Terry dan Leslie W. Rue, Dasar-dasar Manajemen (Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Gunawan, Imam, Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktek (Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2014).

Indrioko, Erwin, Membangun Citra Publik Dalam Lembaga Pendidikan Islam, Universum, (Juli 2015).

Khasanah, Afidatul, “Pemasaran Jasa Pendidikan Sebagai Peningkatan Mutu Di Sd Alam Baturraden”, Jurnal El-Tarbawi (2015).

Laboso, Syahrial, “Penerapan marketing MIX Sebagai Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Di MAN 1 Yogyakarta” Manageria : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2 (November 2018/1440).

Laili Khodri Nasution, Pery, Analisis Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Memilih Kuliah pada Business College Lembaga Pendidik dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) Medan, Tesis, (Medan: Sekolsh Pascasarjana Universitas Sumatera Utara, 2007).

Lexy J. Meleong, Metodelogi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2004.

Mohammad Arifin, Barnawi, Buku Pintar Mengelola Sekolah (swasta)(Jogjakarta : Ar-Ruzz Media, 2012).

Muhaimin, M.A, Dkk, Manajemen Pendidikan (Jakarta : Kencana, 2012).

Normina, Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan, Ittihad Jurnal Kopetais Wilayah XI Kalimantan, No.26 (Oktober 2016).

Paitung, Dahlia, dkk. Strategi Manajemen Promosi Dalam Maningkatkan Jumlah Peserta Didik Pada Satuan Paud. Journal of Early Childhood Education 2, no.1 (2019)

Rifatul Fauziyati, Wiwin, Strategi Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Partisipasi Mayarakat Dalam Pendidikan Menuju Generasi Maju Indonesia, Qalamuna, No.1, (Januari-Juni 2018).

Rohiat, Manajemen Sekolah, (bandung: PT Refka Aditama, 2010).

Shinta, Agustina, Manajemen Pemasaran, (Malang, Universitas Brawijaya Press, 2011).

Srimiranti, Manajemen Sekolah, (Jogjakarta : Ar-Ruzz Media, Cet 1, 2011).

Sugiono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif,Kualitatif, dan R&D) (Bandung: Alfabeta, 2016).

Suryosubroto, Humas Dalam Dunia Pendidikan (Yogyakarta : Mitra Guna Media, 2001).

Tamzeh, Ahmad, Pengantar Metode Penelitian. (Yogyakarta : Teras, 2009).

Published

2024-10-01

How to Cite

Kadarisman Kadarisman, & Zakariyah Zakariyah. (2024). Manajemen Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Minat Masyarakat pada Madrasah Ibtidaiyyah Annibros I Desa Galis Kecamatan Giligenting Kabupaten Sumenep. Journal Innovation In Education, 2(4), 38–47. https://doi.org/10.59841/inoved.v2i4.1854

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.