Pengaruh Efektivitas Penggunaan Mesin Self Check-In Terhadap Kepuasan Penumpang Maskapai Citilink Di Yogyakarta International Airport

Authors

  • Adelia Irvana Bintang Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta
  • Teguh Ariebowo Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD) Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59841/glory.v2i1.864

Keywords:

Effectiveness, Passenger Satisfaction, Self Check-In

Abstract

PT Angkasa Pura I provided operational support to better the passenger time with self check-in. Self check-in is a service system that allows passengers for self check to reduce queues Check-In Counter. The study aims to understand significantly the impact and influence of the effectiveness of the use of the self check-in machine on the passenger satisfaction of the citilink airline at Yogyakarta International Airport. The research is a quantitative using primary data of the survey (questionnaire) and observation in its collection. The sample in this research uses a nonsampling technique type adhesive with the slovin formula gets 100 respondents. Data analysis techniques for analyzing this research are instrument tests, classic assumptions test, simple linear regression analysis. The results of the research suggest that the effectiveness of the use of the self check-in engine has significantly affected the passenger satisfaction greater than t table (21.756 > 1.660), which means h0 was rejected and ha received. The effectiveness of the use of the self check-in machine to affect passenger complacency by 82.8% while the remaining 172% are affected by variables or other factors not used in the research.

References

Abdulrahmat. Efektivitas Implementasi. (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2003).

Adiatma, Moh. Rasyid. (2021). Pengaruh Efektivitas Pelayanan terhadap Pemilihan Transportasi Umum untuk Rute Yogyakarta Menuju Yogyakarta International Airport. Skripsi. Sekolah Tinggi Teknologi kedirgantaraan. Yogyakarta.

Anggela, N. R. (2023). Analisis Kepuasan Penggunaan Mesin Self Check-In di Bandar Udara Internasional Yogyakarta – Kulonprogo. Jurnal Aksara Global.

Ardiansyah, M. I., & Ahyunadari, E. (2017). Perbandingan Kinerja Pelayanan Self Check-In dengan Check-In Konvensional untuk Maskapai Citilink dan AirAsia di Bandar Udara Internasional Surabaya. Jurnal Teknik ITS.

Fadillah, R. (2022). Analisis Kendala Penumpang Terhadap Penggunaan Fasilitas Self Check-In di Unit Check-In Counter Maskapai Ciitilink PT. Gapura Angkasa Bandar Udara Internasional Husein Sastranegara, Bandung. Skripsi. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan. Yogyakarta.

Ghofur, K. R. (2021). Pengaruh Fasilitas Self Check-In terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Tangerang pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan. Yogyakarta.

Hanna, Azma. (2021). Efektivitas Penggunaan Qris pada Transaksi Penjualan Potato Life di Roxy Jember. Skripsi. Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq. Jember.

Hardiani, Hardiani. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa pada Maskapai Citilink di Bandar Udara Komodo Labuan Bajo. Skripsi. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan. Yogyakarta.

Hardianika, W. (2023). Penerapan Sistem Self Check-In dalam Efisiensi Pelayanan Check-In Maskapai Citilink di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta. Jurnal Flight Attendant Kedirgantaraan.

Lestari, Puji. (2019). Tingkat Pemahaman Penumpang Terhadap Self Check In Kiosk pada Maskapai Citilink di Bandar Udara Halim Perdanakusuma. Skripsi. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan. Yogyakarta.

Milatussani, Y. (2020). Analisis Sistem Self Check-In terhadap Kinerja Petugas Check-In Counter Maskapai Citilink di Bandar Udara Halim Perdanakusuma. Skripsi. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan. Yogyakarta.

Nurinayah, Nurinayah. (2021). Analisis Kebijakan Self check-in pada Masa Pandemi Covid-19 Maskapai Citilink Indonesia di Bandar Udara Internasional Yogyakarta. Skripsi. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan. Yogyakarta.

Pamungkas, Aditya. (2021). Analisis Sistem Self Check-In pada Kinerja Petugas Maskapai Citilink di Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Solo. Skripsi. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan. Yogyakarta.

Rachman, I. A. (2019). Perbandingan Kinerja Self Check-In dan Check-In Konvensional untuk Maskapai Garuda Indonesia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Jurnal Manajemen Dirgantara.

Rahmawati, C., & Kurnia, J. S. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Aplikasi Self Check-In Terminal Domestik di Bandara Halim Perdanakusuma (Saat Pandemi Covid 19). Jurnal Sistem Informasi.

Sari, M. M. (n.d.). Pengaruh Efektivitas Penggunaan dan Kepercayaan terhadap Teknologi Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kinerja Individual Pada Pasar Swalayan di Kota Denpasar. Jurnal Universitas Udayana.

Saripudin, Jejen. (2019). Pengaruh Efektivitas Penggunaan Mobile dalam Meningkatkan Efisiensi Pengiriman Barang pada Perusahaan Informa Furnishing Cabang Living Plaza Pasir Kaliki Bandung. Skripsi. Universitas Sangga Buana YPKP. Bandung.

Setio, E. T. (2019). Efektivitas dan Efisiensi Sistem Informasi Akuntansi pada UD. Aldy Jaya. Skripsi. Universitas Katolik Widya Mandala. Surabaya.

Sugiartini. (2016). Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: BPFE.

Suoth, L. A. (2020). Pengaruh Fasilitas Self Check-In terhadap Kepuasan Penumpang pada Gapura Angkasa di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. Skripsi. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan. Yogyakarta.

Tatrasandi, D. (2022). Pengaruh Mesin Self Check-In terhadap Kepuasan Penumpang di Maskapai Citilink Bandar Udara Internasional Adi Sutjipto Yogyakarta. Jurnal UPY.

Widianingsih, Anita. (2015). Pengaruh Efektivitas Website Traveloka terhadap Kepuasan Kebutuhan Informasi Harga Promosi Tiket Pesawat. Skripsi. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Serang.

Downloads

Published

2024-01-21

How to Cite

Adelia Irvana Bintang, & Teguh Ariebowo. (2024). Pengaruh Efektivitas Penggunaan Mesin Self Check-In Terhadap Kepuasan Penumpang Maskapai Citilink Di Yogyakarta International Airport. Global Leadership Organizational Research in Management, 2(1), 311–323. https://doi.org/10.59841/glory.v2i1.864

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.