Pengaruh Identitas Merek dan Kesadaran Merek Terhadap Kepercayaan Merek Pada Bank Muamalat Cabang Pembantu Kolaka
DOI:
https://doi.org/10.59841/glory.v1i4.339Keywords:
brand identity, brand awareness, brand trustAbstract
This study aims to determine: (1) the effect of brand identity on brand trust at Bank Muamalat Kolaka Sub-branch. (2) brand awareness of the brand trust at Bank Muamalat Kolaka Sub-branch. This study uses a quantitative method approach. Collecting data in this study using literature, observation, questionnaires and documentation. The sample in this study was 100 customers of Bank Muamalat, Kolaka Branch. Testing the research instrument using the validity test and reliability test with SPSS. The data analysis technique used in this study is the measurement model test (outer model) and the structural model test (inner model) with Smart PLS. Based on the results of the study it is known that the first hypothesis, there is a positive and significant influence between constructs of brand identity variables on brand trust in Bank Muamalat Kolaka Sub-branch. The second hypothesis, there is a positive and significant influence between the construct variable brand awareness on brand trust of Bank Muamalat Kolaka Sub-branch.
References
Aaker, David A. 2013. Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi kedelapan. Salemba
Agus Arijanto. 2021. Etika Bisnis bagi Pelaku Bisnis. Rajawali Pers: Jakarta.
Abdillah. 2017. Alternatitif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis.
Adhari,(2019). Https://qiaramedia. Com/id/publications/348022/kepuasanpelanggan-pencapaian-brand-trust
Almadea, R., & Sutrisna, E. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Merek terhadap Kepuasan Nasabah (Studi pada Nasabah Produk Penghimpun Dana Bank Bni Syariah Kantor Cabang Pekanbaru) (Doctoral dissertation, Riau University).
Ariska, R. (2019). Pengaruh Variabel Makro Ekonomi Terhadap Kinerja Keuangan Pada PT Bank Syariah Mandiri (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Arumsari, Dheany. 2021. “ Analisis Penngaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) Merek Aqua”. Skripsi. Semarang: Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro.
Assauri,Sofyan. 2021. Strategi Marketing: Sustaining Lofetime Customer Value. Rajawali. Jakarta.
Ayu Lutfina Astri, Saryadi, Andi Wijayanto. 2021. “Jurnal Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Antara Terhadap Loyalitas Konsumen Air Minum Merek Aqua”, Jurusan Ilmu Administrasi Bisnibs FISIP Universitas Diponegoro, Semarang.
Azhari A. T. 2019. Dasar-Dasar Etika Bisnis Islam. Penerbit FEBI Pers. Empat. Jakarta.
Chusniartiningsih, E., & Andjarwati, A. L. (2019). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan dengan Kepercayaan Merek sebagai Variabel Intervening. Jurnal Imu Manajemen, 7(1), 85-95.
Fauzan, M. A., Apsari, D., & Wahab, T. (2020). Perancangan Identitas Merek Apparel Urban Legend Indonesia. eProceedings of Art & Design, 7(2).
Firmansyah, M. A. (2019) Pemasaran: Produk Dan Merek (Planning Dan
Strategy). Surabaya: Qiara Media.
Hasan Aedy. 2019. Teori dan Aplikasi Etika Bisnis Islam. Alfabeta: Yogyakarta.
Huda, M. M. (2018). Pengaruh pendidikan, pekerjaan dan pendapatan terhadap minat masyarakat menabung di bank syariah (studi kasus masyarakat desa kupen) (Doctoral dissertation, IAIN Salatiga).
Januar, A. s(2019). Perbankan Syariah (Studi Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Ilmiah, 24.
Juliansyah. 2013. Analisis Data Penelitian Ekonomi dan Manajemen. Grasindo . Jakarta.
Kasuma Dewi, Nila. Andri, Gus. Yonaldi, Sepris. 2021. “ Pengaruh Iklan, Citra Merek, dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Menggunakan Vaseline Hand Body Lotion Di Kota Padang”. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol. 3, No. 2.
Kotler . 2010. Tentang Pemasaran. Kharisma Publishing Group. Tangerang.
Kotler dan Keller. 2009. Manajeman Pemasaran. Edisi Ketigabelas Jilid2. Erlangga. Jakarta.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ketiga belas. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.
Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi ketiga belas. Jilid 2. Erlangga. Jakarta.
Kristanto, Jajat. 2021. Manajemen Pemasaran Internasional. Erlangga. Jakarta. Philip Kotler dan Gary Amstrong. 2008. “ Dasar-dasar Pemasaran”. Indonesia: PT. Indeks. Jakarta.
Muhammad Amin Suma. 2013. Tafsir Ayat Ekonomi. AMZAH: Jakarta.
Muhammad Djakarta. 2007. Agama, Etika dan Ekonomi. UIN Malang: Malang.
Philip Kotler dan Kevin Lane Keller. 2008. “ Manajemen Pemasaran”. Edisi keduabelas Jilid 1. Indonesia: PT. Indeks. Jakarta
Rinuastuti, B. H., Darwini, S., Agustiani, E., & Andilolo, I. R. (2018). Pengaruh Religiusitas Terhadap Perilaku Memilih Bank Syariah Melalui Kepercayaan Merek (Studi Pada Nasabah Bank Syariah di Kota Mataram). Distribusi-Journal of Management and Business, 6(2), 47-59.
Sunyoto. 2013. Metodologi Penelitian Akuntansi. Refika Aditama. Bandung.
Suprapto.2013. Metodologi Penelitian Ilmu Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Pengetahuan Sosial. Buku Seru. Jakarta.
Sutrisno, N., & Nurrahmat, S. (2020). Pengaruh Perceived Quality, Brand Awareness, Brand Image Terhadap Brand Loyalty Dalam Industri Perbankan Syariah. Media Bisnis, 12(1), 89-100.
Suwarni dan Mayasari.2021. Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen, Jurnal Ekonomi Bisnis, TH.16, No. 1.
Suwarni dan Septina Dwi Mayasari. 2021. “ Jurnal Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Konsumen”. Fakultas Ekonomi Negeri Malang. Swastha Basu dan Irawan. 2010. “ Manajemen Pemasaran Modern” Liberty, Yogyakarta.
Thamrin dan Francis.2021. Manajemen Pemasaran. PT Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Thamrin dan Francis. 2013. Manajemen pemasasran. Rajagrafindo Persada. Jakarta.
Tingkir, C. F. (2019). Pengaruh identitas merek terhadap loyalitas merek melalui citra merek dan kepercayaan merek Toyota. Jurnal manajemen pemasaran, 8(2), 62-69.
Tjahjaningsih, E., & Soliha, E. (2015). Manajeman Pemasaran: Tinjauan Teoritis Serta Riset Pemasaran. Semarang: Badan Penerbitan Universitas Stikubank Semarang.
Tjiptono dan Chandra. 2009. “ Service, Quality, Satisfaction”. Ed II. Andi Offset. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy dan Gregonus Chandra. 2009. Service, Quality, and Satisfaction. Andi Offset. Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 1996. Strategi Pemasaran. ED. 11, Yogyakarta: Andi. Wiyadi.2021. Manajemen Pemasaran. Smart Media. Surakarta.
Yulianto, Bayu dan Khuzaini. 2018. “ Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Layanan Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Sepeda Motor Kawasaki”. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 1, No.