Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Pendapatan (Studi Kasus Pada Jasa Pengiriman JNE Umar Ar-Rasyid Brebes)

Authors

  • Anisa Fitri Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Dewi Indah Mulyani Universitas Muhadi Setiabudi Brebes
  • Nur Afrida Universitas Muhadi Setiabudi Brebes

DOI:

https://doi.org/10.59841/excellence.v1i3.353

Keywords:

Servis Quality, Satisfaction, Costomer Loyalty, Revenue

Abstract

This study aims to determine the effect of service quality, customer satisfaction and loyalty on income at the JNE Umar Ar-Rasyid Brebes delivery service. The variables of this research are service quality, satisfactiion, costomer loyalty and income. The sample of this research is 100 respondents. This type of research is quantitative. The result of the F test concluded that service quality, costomer satisfaction and loyalty simultaneously have a significant effect on income because the value of Fcount>Ftable or 57.789>2.70 has a significance value of 0.000<0.05. The result of the T (Partial) test for service quality have a significant effect on income because the value of tcount>ttable or 3.808>1.984 with a significance value of 0.000<0.05. Satisfaction has no significant effect on income because the value of tcount>ttable  or 1.874<1.984 ang a significance value of 0.064>0.05. Costomer loyalty has a significant effect on income because the value of tcount>ttable or 3.357>1.984 and a significance value of 0.001<0.05.

References

Abdul Gofur. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), 37–44.

Afifah, A., Setiadi, R., Mukson, M., Fitralisma, G., Ikhwan, S., & Dwita Kumala, F. (2021). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan Melalui Kualitas Produk Tape Ketan Daun Jambu. Journal of Economic and Management (JECMA), 1(02), 37–41. https://doi.org/10.46772/jecma.v1i02.359

Agiesta, W., Sajidin, A., & Perwito. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan KA Lokal Bandung Raya. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, Dan Akuntansi), 5(1), 1653.

Anshar, A., & Mashariono. (2019). Pengaruh Lokasi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) Gunung Anyar Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 8(4), 1–16.

Anugrah, R., Tanamal, J., & Nainggolan, E. P. (2020). Pengaruh Kepuasan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Pengiriman Barang Jne Di Kota Palu. Jurnal Ilmu Manajemen Universitas Tadulako (JIMUT), 5(2), 160–170. https://doi.org/10.22487/jimut.v5i2.149

Apriliani, N. K. F. G. (2021). Pengaruh Kualitas pelayanan dan tarif terhadap pendapatan sebelum dan saat terjadi covid-19 pada puskesmas tanah kali kedinding surabaya.

Arianti, B. F. (2020). Pengaruh Pendapatan Dan Perilaku Keuangan Terhadap Literasi Keuangan Melalui Keputusan Berinvestasi Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Akuntansi, 10(1), 13–36. https://doi.org/10.33369/j.akuntansi.10.1.13-36

Dewi, I. Y. (2018). Proposal Penelitian Pengaruh Kualitas Pelayanan , Lokasi Usaha Dan Pedagang.

Dwiningwarni, S. S., & Amrulloh, A. Z. (2020). Peranan Pengelolaan Dana Desa Untuk Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Di Jombang Jawa Timur. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 4(1), 1–20. https://doi.org/10.24034/j25485024.y2020.v4.i1.4128

Fadhli, K., & Fahimah, D. A. N. (2021). Pengaruh Pendapatan, Pendidikan, Dan Gaya Hidup Terhadap Kesejahteraan Keluarga Penerima Manfaat (Kpm) Bantuan Sosial Covid-19. Jurnal Education and Development, 9(3), 118–124.

Handayani Sitorus, F., & Siregar, S. (2022). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Pelanggan terhadap Pendapatan Perusahaan pada PT JNE Express Kisaran Cabang Asahan. 2(2), 2723–2732.

Hidayat, S. R. (2020). Pengaruh Kepuasan Pelanggan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt. Mitra Andalan Trans Anugerah. http://repositori.stiamak.ac.id/id/eprint/76/

Isnaini, F., Hermain, H., & Aslami, N. (2022). ANALISIS KEPUASAN PELANGGAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN CV SAGU BASAH PAK UDIN DALAM PERSPEKTIF. 2(1), 129–142.

Khairina, A., & Nada, J. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Perusahaan JNE Cabang Lhokseumwe). Jurnal Visioner & Strategis, 9, 1–5.

Kusumowardani.D. (2021). Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Pendapatan Perusahaan Pada Pelayanan Laboratorium Kesehatan. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi (JEBA), 23(1), 74–91.

Lesmana, R. (2017). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT . RADEKATAMA PIRANTI NUSA Berikut ini data penjualan PT . Radekatama Piranti Nusa Tahun 2013 dibawah ini : Data Jumlah penjualan Jumlah Keluhan Pelanggan Tahun 2013- 2017 Jenis Keluhan /. 2(2), 115–129.

Paputungan, T., Tamengkel, L. F., & Walangitan, O. F. C. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT JNE Kotamobagu. Productivity, 2(5), 397–402.

Purnomo, S. D., & Adhitya, B. (2021). Pengaruh ekonomi digital terhadap pendapatan industri mikro dan Kecil di Indonesia the effect of the digital economy on industrial income micro and small in Indonesia. Ekonomikawan : Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Studi Pembangunan, 21(1), 85–95.

Reza Nurul Ichsan, Ahmad Karim. (2021). Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pt. Jasa Raharja Medan. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), 54–57. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v6i1.729

Saidani, B., Lusiana, L. M., & Aditya, S. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Website dan Kepercayaan Terhadap Kepuasaan Pelanggan dalam Membentuk Minat Pembelian Ulang pada Pelanggan Shopee. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, 10(2), 425–444.

Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, word of mouth dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 19(2), 2596–2620. https://doi.org/10.32670/coopetition.v13i2.1057

Swastha, Basu, I. (2014). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Thungasal, C., & Siagian, H. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Kasuari. Agora, 7(1), 287133.

Ulfa, M., & Mayliza, R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pdam Kota Padang. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi, 1–16.

Wirawan, A. A., Sjahruddin, H., & Razak, N. (2019). Pengaruh Kualitas Produk dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Lamuna Coffee di Kabupaten Bone. Jurnal Organisasi Dan Manajemen, 10(1), 15–26. https://doi.org/10.31227/osf.io/p8e5z

Downloads

Published

2023-09-25

How to Cite

Anisa Fitri, Dewi Indah Mulyani, & Nur Afrida. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Pendapatan (Studi Kasus Pada Jasa Pengiriman JNE Umar Ar-Rasyid Brebes). Journal Economic Excellence Ibnu Sina, 1(3), 159–174. https://doi.org/10.59841/excellence.v1i3.353