Pengaruh Ketersediaan Produk, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor HONDA di Dealer PT. Astra Motor

Authors

  • Ade Fitratul Akbar Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Muhajirin Muhajirin Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Juwani Juwani Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima

DOI:

https://doi.org/10.59841/excellence.v2i3.1713

Keywords:

Product Availability, Price, Location

Abstract

This research aims to determine the influence of product availability, price and location on the decision to purchase a HONDA motorbike at the PT Astra Motor dealer. The sample that will be used in this research is determined using the Ferninand formula (2014), namely sample = number of indicators x 5 to 10 because in this study there are 17 indicators, the number of samples used is a minimum sample of 17 x 5 = 85 respondents. Data analysis techniques use validity tests, reliability tests, classical assumption tests, multiple linear regression T tests and f tests. The results of this research state that: (1) Product availability has a partially significant effect on the decision to purchase a Honda motorbike at the PT dealer. Astra Motor Bima City. (2) Price has a partially significant effect on the decision to purchase a Honda motorbike at the PT dealer. Astra Motor Bima City. (3) Location does not have a partially significant effect on the decision to purchase a Honda motorbike at the PT dealer. Astra Motor Bima City. (4) Product Availability, Price and Location have a significant simultaneous influence on the Decision to Purchase a Honda Motorbike at the PT Dealer. Astra Motor Bima City.

References

Andanawari, Anindya Rachma. 2014. “ Pengaruh Harga, Lokasi, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Stove Syndicate Cafe Semarang)”. Skripsi. Semarang : Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Diponegoro.

Andhinisari. (2017). Pengaruh Lokasi, Fasilitas, Kualitas Layanan, Dan Keragaman Barang Terhadap Keputusan Pembelian Di Toserba Dan Swalayan Laris Purworejo. 13 No 1a, 1–15. Retrieved From Https://Docplayer.Info/60130452-Pengaruh-Lokasi-Fasilitas- Kualitas- Layanan-Dan-Keragaman-Barang-Terhadap-Keputusan-Pembelian-Di- Toserba- Dan-Swalayan-Laris-Purworejo.Html.

Debby Cynthia (2022). Pengaruh Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada BUMDes Amanah Mart, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember.

Susdiarto, Budi., Adi Eko Priyono dan Endang Swastuti. 2013. Pengaruh produk dan harga terhadap loyalitas konsumen dengan keputusan pembelian sebagai variabel mediasi pada PT. Pertani (Persero) cabang Pekalongan. Jurnal Ilmiah Dinamika Ekonomi Dan Bisnis. Vol. 1 No. 2 Oktober 2013.

Nurhayati, dan Wahyu, W. M. 2012. Analisis faktor-faktor yang memprngaruhi minat beli ulang masyarakat terhadap produk handphone. Value Added: Vol8, No 2. Universitas Muhammadiyah Semarang.

Hardiansyah, F., Nuhung, M., & Rasulong, I. (2019). Pengaruh Lokasi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Restoran Singapore Di Kota Makassar. Jurnal Profitability Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 90–107.

Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung:alfabeta.

Saragih, C. V. B. (2013). Pengaruh Kualitas Produk, Ketersediaan Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lulur Mandi Sumber Ayu Di Jakarta. Jurnal Ilmiah Dan Manajemen, 3(2),1– . Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatig, dan R&D, penerbit Alfabeta,Bandung Widodo, T. (2016). Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada Swalayan Ada Baru Di Kota Salatiga ). Jurnal Ilmiah, 9(17), 1–23. Https://Doi.Org/10.1007/S11187-017-9901-7

Sugiharto, MM, Ph.D, Melinda Renata. Pengaruh Ketersediaan Produk Dan Harga Terhadap Pembelian Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Dalam Study Kasus Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) CLEO Di Kelurahan Gunung Anyar Surabaya.

Published

2024-08-16

How to Cite

Ade Fitratul Akbar, Muhajirin Muhajirin, & Juwani Juwani. (2024). Pengaruh Ketersediaan Produk, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor HONDA di Dealer PT. Astra Motor. Journal Economic Excellence Ibnu Sina, 2(3), 169–189. https://doi.org/10.59841/excellence.v2i3.1713