Analisis Label Halal dan Harga dalam Penggunaan Obat Bebas dan Obat Bebas Terbatas Terhadap Keputusan Pembelian Obat Sebagai Upaya Swamedikasi Pasca Pandemi Covid-19 di Bantul, Yogyakarta

Authors

  • Edhita Putri Daryanti Universitas Muhammadiyah Karanganyar
  • Fiqi Widyawati Universitas Muhammadiyah Karanganyar
  • Young Ari Kusworo Universitas Muhammadiyah Karanganyar
  • Afifah Noer Universitas Muhammadiyah Karanganyar

DOI:

https://doi.org/10.59841/jumkes.v1i3.142

Keywords:

harga, keputusan pembelian, label halal, obat bebas dan bebas terbatas, tingkat pengetahuan

Abstract

Pasca pandemi Covid-19 menyebabkan masyarakat semakin meningkatkan kesadaran diri akan pentingnya menjaga kesehatan. Masyaraka Indonesia masih menerapkan pola hidup yang ekonomis termasuk dalam kebutuhan menjaga maupun mengobati kesehatan. Swamedikasi masih dilakukan sebagai upaya mengobati gejala sakit yang diderita karena dianggap hemat, praktis dan ekonomis. Swamedikasi juga dapat dipengaruhi kondisi masyarakat Indonesia yang telah menerapkan gaya hidup halal. Swamedikasi dapat menjadi  beresiko jika tidak tepat dan dosis yang tidak tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pengetahuan obat, label halal terhadap keputusan pembelian obat bebas dan obat bebas terbatas untuk swamedikasi. Jumlah responden yang sesuai dengan kriteria inklusi adalah sebanyak 80 orang, dengan teknik wawancara menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara label obat dan harga obat terhadap keputusan pembelian. Besaran R-sq = 45,40% menunjukkan keputusan pembelian obat dipengaruhi oleh label dan harga obat dan 54,60% dipengaruhi faktor lain diluar variabel yang diukur. Pada Uji T parsial diperoleh bahwa terdapat pengaruh label obat dengan keputusan pembelian obat dan terdapat pengaruh harga obat terhadap keputusan pembelian obat untuk swamedikasi obat bebas dan obat bebas di wilayah Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

References

Arrang ST., Sagala RJ., Notario D., Sianipar E.A., Cokro F. (2020). Gambaran Pelayanan Informasi Obat (PIO) Program Studi Farmasi Unika Atma Jaya selama Pandemik Covid-19 Periode April – Juli 2020. MITRA-Jurnal Pemberdayaan Masyarakat.

Aswad PA., Kharisma Y., Andriane Y., Respati T., & Nurhayati E. (2019). Pengetahuan dan Perilaku Swamedikasi Oleh Ibu-Ibu di Kelurahan Tamansari Kota Bandung. Jurnal Integrasi Kesehatan & Sains. 1(2):107-113.

Dini CP., & Lestari P. (2015). Literasi Informasi Tentang Kemasan Produk Obat Bebas. Jurnal Komunikasi ASPIKOM. 2(5): 357-373.

Hayet. (2019). Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik (Studi Kasus Di Kota Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia). Jurnal Ekonomi Islam. 10(1): 21-38.

Hertina, D & Hekmatyar R. (2022). Pengaruh Penetapan Harga dan Penjualan Terhadap Kuantitas Produk Pada Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 5(1): 66-73.

Hidayati A, Dania H, Puspitasari MD. (2017). “Tingkat Pengetahuan Penggunaan Obat Bebas dan Obat Bebas Terbatas untuk Swamedikasi pada Masyarakat RW 8 Morobangun Jogotirto Berbah Sleman Yogyakarta.” Jurnal Ilmiah Manuntung 3(2):139-149

Hijriawati M. (2018). Upaya Farmasis dalam Implementasi Undang-undang Jaminan Produk Halal. Diakses dari https://www.google.co.id/amp/farmasetika.com/2018/08/02 /upayafarmasisdalam-implementasi-undang-undang-jaminanproduk-halal/amp , pada tanggal 27 Desember 2020, pukul 17.46 WIB.

Kementrian Kesehatan RI. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease. Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, 1-136.

Larasati A, Hamdani I, & Lisnawati S. (2019). Pengaruh Label Halal Terhadap Produk Kecantikan. Journal of Islamic Economics and Banking. 1(1): 48-64.

Misnawati & Sumarni I. (2020). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Obat-Obatan di Apotek Zafira Ruhama. Jurnal Administrasi Publik & Admnistrasi Bisnis, 3(2): 1322-1331.

Notoadmodjo, S., (2010). Ilmu Perilaku Kesehatan. PT. Rineka Cipta: Jakarta

Rachim, HA dan Santoso, MB. (2021). Mengarusutamakan Halal Lifestyle: Antara Peluang dan Tantangan Kapasitas Perlindungan Sosial dalam Trend Global. Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, 6(2): 151-161.

Ronauli, LN. & Indriani F. (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Obat Generik (Studi Pada Konsumen di Apotek Kimia Farma Pandanaran Kota Semarang). Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. 19(3):172-178.

Sarjono, H., dan Julianita, Winda. (2011). SPSS vs LISREL: Sebuah Pengantar, Aplikasi untuk Riset. Penerbit Salemba empat: Jakarta

Sumarwan U. (2011). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia: Bogor.

Suprapto R., & Azizi ZW. (2020). Pengaruh Kemasan, Label Halal, Label Izin P-IRT Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen UMKM Kerupuk Ikan. Jurnal REKOMEN (Riset Ekonomi Manajemen. 3(2): 125-133.

Downloads

Published

2023-07-24

How to Cite

Edhita Putri Daryanti, Fiqi Widyawati, Young Ari Kusworo, & Afifah Noer. (2023). Analisis Label Halal dan Harga dalam Penggunaan Obat Bebas dan Obat Bebas Terbatas Terhadap Keputusan Pembelian Obat Sebagai Upaya Swamedikasi Pasca Pandemi Covid-19 di Bantul, Yogyakarta. Jurnal Mahasiswa Ilmu Kesehatan, 1(3), 189–199. https://doi.org/10.59841/jumkes.v1i3.142

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.