Efek Media Edukasi Permainan Ular Tangga Terhadap Pengetahuan Tentang Demam Typhoid Pada Anak Sekolah Dasar

Authors

  • Ajeng Rosa Puspita Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Indra Tri Astuti Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Herry Susanto Universitas Islam Sultan Agung Semarang

DOI:

https://doi.org/10.59841/an-najat.v3i2.2467

Keywords:

Pengetahuan, Typhoid, Permainan Ular Tangga, Anak Sekolah Dasar

Abstract

 Peningkatan kasus demam tifoid pada siswa disebabkan oleh kurang efektifnya pengetahuan kesehatan, sehingga banyak yang kurang memahami penyakit ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh permainanαular tangga terhadap peningkatan pengetahuanαtentang demam tifoid pada siswa di SDN Bangetayu Wetan 02. Penelitian kuantitatif ini menerapkan desain quasi-experiment dengan kelompok kontrol non-ekuivalen. Kelompok intervensi diberikan permainan ular tangga sebagai media pembelajaran, sedangkan kelompok kontrol menggunakan PowerPoint. Analisis data menggunakanαuji Wilcoxon (berpasangan) dan uji Mann-Whitney (tidak berpasangan). Populasi penelitian adalah anak usia 10-12 tahun dengan 56 responden per kelompok, dipilih melalui Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner pengetahuan tentang demam typhoid. Berdasarkan hasil analisa karakteristik responden kedua kelompok terbanyak berusia 9 tahun dan jenis kelamin terbanyak perempuan, Analisis bivariat berpasangan menggunakanαUji Wilcoxon pada kelompok intervensi menunjukkan p-value 0,000 (<0,05), menandakan perbedaan signifikan antara pengetahuan demam typhoid sebelum dan sesudah intervensi. Sementara itu, pada kelompok kontrol, p-value 0,000 (<0,05) menunjukkan tidak ada perbedaan signifikan. Uji Mann-Whitneyαpada kelompokαintervensi dan kontrol didapatkan p-value 0,000 (<0,05). Artinya ada perbedaan hasil pengetahuan demam typhoid antara kedua kelompok. Pembelajaran menggunakan media permainan ular tangga terbukti lebih berpengaruh dibandingkanαdengan menggunakan media powerpoint terhadap pengetahuan demam typhoid.

References

Dewi Mp, S N, Irdamurni I. Perkembangan Bahasa, Emosi, Dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar. J Ilm Pendidik Dasar. 2020;7(1):1.

Fatimah S, Hasyul P, Puspita T, Nuari Da, Muntaqin Ep, Wartini E, Et Al. Evaluation Of Antibiotic Treatment Of Tyhoid Fever In Garut Regency January-December 2017. J Ilm Farm Bahari [Internet]. 2019;10(2):160–70. Available From: Www.Journal.Uniga.Ac.Id

Ulfa F, Handayani Owk. Kejadian Demam Tifoid Di Wilayah Kerja Puskesmas Pagiyanten. Higeia (Journal Public Heal Res Dev. 2018;2(2):227–38.

Artha My, Kanzunnudin M, Purbasari I. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together Berbantu Permainan Ular Tangga Untuk Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Wasis J Ilm Pendidik. 2021;2(2):121–6.

Ariyanto A, Triansyah A, Gustian U. Penggunaan Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Keterampilan Gerak Fundamental Siswa Sekolah Dasar. J Pendidik Jasm Indones. 2020;16(1):78–91.

Rachmawati A, Winarno Me, Katmawanti S. Hubungan Antara Perilaku Merokok Pada Orang Tua Dengan Kejadian Infeksi Saluran Pernapasan Atas (Ispa) Pada Anak Sekolah Dasar Usia 7-12 Tahun Di Puskesmas Porong. Prev Indones J Public Heal. 2018;3(1):1.

Mutia. Characteristics Of Children Age Of Basic Education. Fitrah, Vol 3 Nomor 1 Tahun 2021 [Internet]. 2021;3. Available From: Http://Scioteca.Caf.Com/Bitstream/Handle/123456789/1091/Red2017-Eng-8ene.Pdf?Sequence=12&Isallowed=Y%0ahttp://Dx.Doi.Org/10.1016/J.Regsciurbeco.2008.06.005%0ahttps://Www.Researchgate.Net/Publication/305320484_Sistem_Pembetungan_Terpusat_Strategi_Melestari

Sitepu De, Primadiamanti A, Safitri Ei. Hubungan Usia, Pekerjaan Dan Pendidikan Pasien Terhadap Tingkat Pengetahuan Dagusibu Di Puskesmas Wilayah Lampung Tengah. J Ilm Wahana Pendidik [Internet]. 2024;10(6):196–204. Available From: Https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.10642605

Widodo Bj, Hanifah B ‘Arifatul. Pengembangan Media Monopoli Aksara Jawa Untuk Pembelajaran Membaca Aksara Jawa Di Sekolah Dasar. J Kontekst. 2021;6.

Rosa Nian Shakila Rrr. A Faktor Risiko Yang Memengaruhi Kejadian Demam Tifoid Di Wilayah Kerja Puskesmas Binakal Kabupaten Bondowoso. Med Technol Public Heal J. 2020;4(2):224–37.

Manalu Tn, Rantung J. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Demam Tifoid. J Penelit Perawat Prof. 2021;3(November):653–60.

Fitriana N. Penerapan Model Game Based Learning Untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini. Seulanga J Pendidik Anak [Internet]. 2023;102–11. Available From: Https://Journal.Iainlhokseumawe.Ac.Id/Index.Php/Seulanga/Article/View/1571

Budiono I, Putriningtyas Nd, Indrawati F, Kasman K, Kurniawan F. Upaya Peningkatan Pengetahuan Tentang Gizi Seimbang Melalui Edukasi Dengan Media Permainan Ular Tangga Pada Siswa Sekolah Dasar. J Pengabdi Kesehat Masy Pengmaskesmas. 2022;2(2):87–95.

Bilal, Barokati N. Penggunaan Powerpoint Interaktif Dalam Meningkatkan Pemahaman Pada Materi Merangkai Suku Kata Yang Diawali Huruf ‘B’ Bagi Siswa Kelas 1. J Bahasa, Sastra, Pendidik Dan Hum. 2024;1(2):35–41.

Hartati S, Zulminiati Z. Fakta-Fakta Penerapan Penilaian Otentik Di Taman Kanak-Kanak Negeri 2 Padang. J Obs J Pendidik Anak Usia Dini. 2020;5(2):1035–44.

Published

2025-03-10

How to Cite

Ajeng Rosa Puspita, Indra Tri Astuti, & Herry Susanto. (2025). Efek Media Edukasi Permainan Ular Tangga Terhadap Pengetahuan Tentang Demam Typhoid Pada Anak Sekolah Dasar. An-Najat, 3(2), 294–303. https://doi.org/10.59841/an-najat.v3i2.2467