Analisis Pengaruh Implementasi Lean Healthcare Dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Pasien Bpjs Rawat Jalan Instalasi Rumah Sakit: Literature Review

Authors

  • Raisya Shafa Azzahra Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta
  • Anis Lusiana Anggraini Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Wulan Septiana Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta
  • Acim Heri Iswanto Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.59841/an-najat.v2i3.1264

Keywords:

Lean, Lean Healthcare, BPJS Services, Outpatient Care

Abstract

BPJS kesehatan merupakan program jaminan kesehatan untuk masyarakat indonesia. Program ini juga bisa dipakai oleh pasien rawat jalan dan rumah sakit bisa  menerapkan Lean Healthcare pada pasien rawat jalan BPJS karena dapat membantu rumah sakit dalam mengurangi serta menghilangkan waste dalam pelayanan rawat jalan. Permasalahan yang sering terjadi yaitu seperti lamanya waktu tunggu dan diskriminasi pelayanan  yang sering dialami oleh pasien rawat jalan yang menggunakan program BPJS. Tujuan dari artikel ini untuk menganalisis pengaruh implementasi  Lean Healthcaredalam meningkatkan pelayanan kesehatan pasien BPJS rawat jalan di rumah sakit. Sedangkan metode yang digunakan yaitu literature review dengan database menggunakan PubMed dan Google Scholar yang telah terakreditasi dengan rentan waktu 2018-2024. Dalam pengumpulan data mendapatkan  9 artikel  yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian terdahulu yang telah dipublikasi secara nasional dan internasional. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu  bahwa implementasi Lean Healthcare mempengaruhi dalam pelayanan kesehatan pasien BPJS rawat jalan di rumah sakit. Faktor-faktor tersebut adalah pemborosan lamanya waktu tunggu pelayanan pasien BPJS dengan rasio bernilai tambah dengan kurang dari 30%. Jadi kesimpulannya BPJS kesehatan dan penerapan  Lean Healthcare  dapat membantu rumah sakit dan pelayanan kesehatan menjadi lebih baik, efisien dan juga bisa mengurangi waste dalam pelayanan rawat jalan dirumah sakit.

References

Adellia, Y., Setyanto, N. W., & Tantrika, C. F. M. (2014). Pendekatan Lean Healthcare untuk Meminimasi Waste di Rumah Sakit Islam UNISMA Malang. Jurnal Rekayasa Dan Manajemen Sistem Industri, 2(2), 292–301. jrmsi.studentjournal.ub.ac.id

Anggraini, W., & Ilhamda, A. N. (2020). Perbaikan Efisiensi Jalur Layanan Pasien Rumah Sakit dengan Menggunakan Pendekatan Lean Healthcare. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 3(4), 509–521. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v3i4.155

Fitri, Dery, B., Prassetiyo H., (2019). IMPLEMENTASI LEAN HEALTHCARE UNTUK MENGIDENTIFIKASI DAN MEMINIMASI WASTE DI INSTALASI RAWAT JALAN RSAI BANDUNG, 17(2), 4-7

Haryanto, Dawam, Y., Munandar, A., (2024). IMPLEMENTASI LEAN MANAGEMENT PELAYANAN RAWAT JALAN PASIEN BPJS KESEHATAN DI RUMAH SAKIT DENGAN TOOLS SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT ABIYOSOFT. 7(2), 489–503.

Haryati, O. (2016). PELAYANAN KESEHATAN PESERTA BADAN PENYELENGGARAAN JAMINAN SOSIAL DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DOKTER Oleh : Program Studi Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Menurut Undang-Undang RI Nomor ruang tunggu dan persediaan kursi roda ,. 5.

Hutauruk, P. M., & Gurning, M. M. B. (2019). Faktor-Faktor-Penghambat-Pelayanan-Di-Te-38Ad1a31. 4(2), 668–674.

Kania Rizqita Dewi, Putri Regita Miolda, Triayu Nur Afifah, & Acim Heri Iswanto. (2023). Analisis Dampak Implementasi Lean Hospital Terhadap Pelayanan Pasien Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit di Indonesia: Studi Literatur. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan Indonesia, 3(2), 43–52. https://doi.org/10.55606/jikki.v3i2.1574

Latue, S., Peranginangin, J. M., & Wijayanti, T. (2023). Pendekatan Lean Hospital Untuk Meningkatkan Efisiensi Pelayanan Instalasi Farmasi Rawat Jalan Di Rsud Tobelo. Medical Sains : Jurnal Ilmiah Kefarmasian, 8(2), 455–464. https://doi.org/10.37874/ms.v8i2.608

Mendrofa, D. E., & Suryawati, C. (2016). Analisis Pengelolaan Obat Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Semarang Citarum melayani. Manajemen Kesehatan Indonesia, 4(3), 214–221. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jmki/article/view/13757

Muna, S.KM., MPH, N., Saputra, M. G., Ummah, F., Rahmawati, N. V., Kusdiyana, A., & Nuriyati, N. (2023). Implementation of Lean Healthcare for Reducing National Health Insurance Out Patient’s Waiting Time using Value Stream Mapping Method. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 11(2), 143–154. https://doi.org/10.14710/jmki.11.2.2023.143-154

Noviani, E. D. (2017). Penerapan Lean Manajemen pada Pelayanan Rawat Jalan Pasien BPJS Rumah Sakit Hermina Depok Tahun 2017. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 3(3), 219–230. https://doi.org/10.7454/arsi.v3i3.2226

Sarah Rania Annisa, Syalisa Syabil, Huwaydi Azzam Yusuf, & Acim Heri Iswanto. (2023). Penerapan Lean Manajemen Pada Pelayanan Rawat Jalan Pasien BPJS Rumah Sakit. Jurnal Rumpun Ilmu Kesehatan, 3(2), 46–55. https://doi.org/10.55606/jrik.v3i2.1774

Sirappa, E. Y. (2022). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Bpjs Di Rawat Jalan Rsud Kota Makassar. 6(2), 66–73.

Suhartini, S., Yuliawati, E., Rahmawati, N., & Syahputra, D. A. H. (2018). Implementation of Lean Services in Hospitals To Improve The Efficiency of Patient Services in The Organization Of Health Social Security (BPJS). IPTEK Journal of Proceedings Series, 0(6), 64–71. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i6.4623

Supandri, O. D. I., KETAREN, O., & ... (2019). Perbedaan Kualitas Pelayanan Pada Pasien BPJS dan Pasien Umum Rawat Inap di Rumah Sakit Muhammadiyah Medan Tahun 2019. Jurnal Ilmiah …, 3(3), 48–60. https://www.simantek.sciencemakarioz.org/index.php/JIK/article/view/71

Zepeda-Lugo, C., Tlapa, D., Baez-Lopez, Y., Limon-Romero, J., Ontiveros, S., Perez-Sanchez, A., & Tortorella, G. (2020). Assessing the impact of lean healthcare on inpatient care: A systematic review. International journal of environmental research and public health, 17(15), 5609. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7432925/

Published

2024-07-22

How to Cite

Azzahra, R. S., Anggraini, A. L., Septiana, W., & Iswanto, A. H. (2024). Analisis Pengaruh Implementasi Lean Healthcare Dalam Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Pasien Bpjs Rawat Jalan Instalasi Rumah Sakit: Literature Review . An-Najat, 2(3), 217–229. https://doi.org/10.59841/an-najat.v2i3.1264

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.