Optimalisasi Proses Distribusi Tiket Pelanggan PT. XYZ pada Divisi Assurance: Studi Kasus Implementasi Sistem Berbasis Teknologi

Authors

  • Rifki Yudillah Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Umi Chotijah Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.59841/saber.v2i1.867

Keywords:

Sistem Distribusi, Tiket Pelanggan, Divisi Assurance, Waterfall Model

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dan meningkatkan efisiensi proses distribusi tiket pelanggan pada Divisi Assurance PT. XYZ. Dengan fokus pada implementasi sistem distribusi yang lebih terotomatisasi, penelitian ini mengintegrasikan metode observasi, wawancara, dan studi pustaka. Metode observasi digunakan untuk memahami secara mendalam proses penanganan tiket pelanggan di lapangan oleh Teknisi Assurance, sementara wawancara melibatkan pemangku kepentingan kunci seperti Teknisi Assurance, Helpdesk Assurance, dan manajer divisi. Studi pustaka digunakan sebagai dasar teoritis untuk merinci best practices, keberhasilan, dan tantangan dalam implementasi sistem serupa. Hasil observasi akan memberikan pemahaman tentang dinamika lapangan, sementara wawancara akan menggali pandangan langsung dari pemangku kepentingan. Studi pustaka memberikan landasan teoritis untuk memandu perancangan dan implementasi sistem distribusi tiket pelanggan yang efektif. Pengembangan sistem distribusi tiket pelanggan yang terotomatisasi mengadopsi metode Waterfall dengan pendekatan SDLC (System Development Life Cycle)Diharapkan hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan kualitas layanan pelanggan dan efisiensi operasional Divisi Assurance PT. XYZ dalam menangani keluhan pelanggan.

References

Hall0, G. &. (2008).

Guyton, A. C. (2008). Buku Ajar Fisiologi Fisiologi Kedokteran. Jakarta: EGC.

Guyton, A. C., & John, E. (2008). Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. Jakarta: EGC.

Webster, G., & Joan. (2014). Gizi & Dietika. Jakarta: ECG.

Black, J., & Jane, H. (2014). Keperawatan Medikal Bedah Manajemen Klinis untuk Hail yang Diharapkan. Elsevier.

Semarang, D. K. (2016). Profil Kesehatan Kota Semarang.

Simbolon, Warawu, Laia, G. P., & Munthe, I. M. (2023). Penyuluhan Kesehatan Tentang Penyakit Gastritis pada Mahasiswa Prodi MIK STIKes Santa Elisabeth Medan Tahun 2023. PaKmas, 167-172.

Lupiyoadi, & Hamdani. (2006). Manajemen Pemasaran jasa Edisi kedua. Jakarta: Salemba.

Pressman, R. (2001). Software Engineering : a practitioner’s approach. New York: McGraw-Hill.

Arizona, N. D. (2017). Aplikasi Pengolahan Data Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa ( APBDES ) Pada Kantor Desa Bakau Kecamatan Jawai Berbasis Web. CYBERNETICS, 105-119.

Pratasik, S., & Rianto, I. (2020). Pengembangan Aplikasi E-DUK Dalam Pengelolaan SDM Menggunakan Metode Agile Development. CogITo Smart J, 204.

Salmiaty, T., & Basir, M. (2016). The Effect of Leadership Style, Work Environment and Organization Culture on Employee Performance: a Case Study at Kawasan Industri Makassar (Kima), Indonesia. IOSR Journal of Business and Management, 18(11), 1-7.

Hartono, J. (1989). Analisis & Disain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

McLeod, R. J., & Schell, G. P. (2008). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta: Salemba.

O’brien, J., & Marakas, G. (2008). Management Information Systems, Eighth Edition. New York: The McGraw-Hill Companies,Inc.

Mulyanto, A. (2009). Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pressman, R. (2015). Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi.

Sukamto, R., & Shalahuddin, M. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Bassil, Y. (2012). A Simulation Model for the Waterfall Software Development Life Cycle. Internaional J. Eng. Technol, 2(2).

Sugiyono. (2016). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Fathoni, A. (2006). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Zed, M. (2004). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Downloads

Published

2024-01-25

How to Cite

Yudillah, R., & Chotijah, U. (2024). Optimalisasi Proses Distribusi Tiket Pelanggan PT. XYZ pada Divisi Assurance: Studi Kasus Implementasi Sistem Berbasis Teknologi. SABER : Jurnal Teknik Informatika, Sains Dan Ilmu Komunikasi, 2(1), 314–327. https://doi.org/10.59841/saber.v2i1.867

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.