Peran Digital dalam Membentuk Pola Interaksi Komunikasi Interpersonal Generasi Z
DOI:
https://doi.org/10.59841/saber.v3i1.1987Keywords:
digital, Generasi Z, interpersonal communicationAbstract
Generasi Z, a younger generation in the digital era, uses active social media for effective communication. They use emojis and group chats, but are less formal in formal communication and more informal. Digital communication has both positive and negative effects on their social interactions. Education on media literacy and information literacy is crucial for Genrasi Z to improve critical thinking and interpersonal communication skills.
References
Ahmad, K. R., Amir, L. S., & Hapipi, M. (2024). Pengaruh media sosial terhadap pola komunikasi dan hubungan sosial dalam kalangan generasi Z. Sanskara Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(02), 85–94.
Anggraini, C., Ritonga, D. H., Kristina, L., Syam, M., & Kustiawan, W. (2022). Komunikasi interpersonal. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 337–342.
Apriyanti, H., Aeni, I. S., Kinaya, R. S., Nabilla, N. H., Laksana, A., & Latief, L. M. (2024). Keterlibatan penggunaan media sosial pada interaksi sosial di kalangan Gen Z. Sosial Simbiosis: Jurnal Integrasi Ilmu Sosial dan Politik, 1(4), 229–237.
Arifin, S., Laksana, A., Irwanto, I., & Arasid, M. I. (2023). Identitas jawara Banten tak lekang dimakan zaman di era globalisasi dan modernisasi (Studi kasus jawara di Desa Terumbu, Kec. Kasemen Kota Serang). Journal on Education, 5(3), 7978–7991.
Dzakwan, A. (2024, July 6). Tantangan perubahan pola komunikasi Gen Z di era digital. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/albaihaqidzakwan22/668951be34777c26b8404012/tantangan-perubahan-pola-komunikasi-gen-z-di-era-digital
Faizal, M. (2023). Komunikasi antarpribadi generasi Z dalam mengatasi depresi di masa pandemi (Kecamatan Tajurhalang). Jurnal Pariwara, 3(2), 70–80.
Fikri, R., Mujahidin, M. H., Sutisna, N. A., Najat, K., & Laksana, A. (2024). Dinamika komunikasi korporasi dalam meningkatkan keterlibatan karyawan generasi Z. ETIC (Education and Social Science Journal), 1(2), 107–118.
Firdaus, Z. M., Febriyanti, G., Sulistiawati, S., Jumiah, J., & Laksana, A. (2024). Peran media sosial dan citra merek dalam minat beli Ms Glow. ETIC (Education and Social Science Journal), 1(2), 119–124.
Pusparani, M. (2021). Faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai (Suatu kajian studi literatur manajemen sumber daya manusia). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 534–543.
Qothrunnada, K. (2024, July 13). Gen Z itu tahun berapa? Ini rentang tahun kelahiran dan karakteristiknya. Detik. https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7436833/gen-z-itu-tahun-berapa-ini-rentang-tahun-kelahiran-dan-karakteristiknya
Umum, P. (2024, May 14). Dampak teknologi terhadap hubungan interpersonal generasi Z. Kumparan. https://kumparan.com/pengetahuan-umum/dampak-teknologi-terhadap-hubungan-interpersonal-generasi-z-22jwLvsII14/full
Zis, S. F., Dewi, R. S., & Efendi, Z. (2021). Model perilaku komunikasi generasi muda dalam pemanfaatan media digital memasuki era 4.0 dan 5.0 di Kecamatan Kuranji. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(1).
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021a). Perubahan perilaku komunikasi generasi milenial dan generasi Z di era digital. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87.
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021b). Perubahan perilaku komunikasi generasi milenial dan generasi Z di era digital. Satwika: Kajian Ilmu Budaya dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 SABER : Jurnal Teknik Informatika, Sains dan Ilmu Komunikasi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.