Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Era Bisnis Digital

Authors

  • Khusnul Hasiah Universitas Sains Islam Al-Mawaddah Warrahmah Kolaka
  • Askari Zakariah Universitas Sains Islam Al-Mawaddah Warrahmah Kolaka
  • Novita Novita Pondok Pesantren Mahasiswi Al-Mawaddah Warrahmah Kolaka

DOI:

https://doi.org/10.59841/jureksi.v2i1.676

Keywords:

E-Commerce, Offline Business, Online Business, MSME Income

Abstract

Based on a statement from the Indonesian E-Commerce Association, the number of MSME members in various markets increased by 3.8 million people in 2020, from 1 million people to 4.8 million people in March 2021. This increase is in line with survey results which show a significant increase significant number of MSMEs in Indonesia in the first quarter of 2020, when the COVID-19 pandemic began. This type of research writing is a type of library research which uses 30 references from 50 journals, where the library sources are taken from Google Scholar. Regarding the approach to this research, it is a qualitative approach and domain data analysis, namely a method of collecting data by understanding and studying theories from various literature related to this research. SME income has decreased in the COVID-19 era, so e-commerce has a positive impact on MSME income. Because e-commerce can expand the reach of the SME market and be able to reach more consumers. Apart from that, e-commerce can also reduce operational and marketing costs, thereby increasing MSME profits.

 

 

References

Aziz Abdul, “Teknik Analisis Data Analisis Data,” Teknik Analisis Data Analisis Data, 2020, 1–15.

Achmad Alfin, “Analisis Strategi UMKM Dalam Menghadapi Krisis Di Era Pandemi”, Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.1 No.8 Januari 2021.

Andi Amri, “Dampak Covid-19 Terhadap UMKM Di Indonesia” Jurnal Brand, Vol. 2 No. 1, Juni 2020

Andina Dwijayanti, Puji Pramesti, “Pemanfaatan Strategi Pemasaran Digital menggunakan E-Commerce dalam mempertahankan Bisnis UMKM Pempek4Beradek di masa Pandemi Covid-19”, Ikraith-abdimas, Vol. 4, No 2 Bulan Juli 2021.

Cahya, A. D., Aqdella, F. A., Jannah, A. Z., & Setyawati, H. Memanfaatkan Marketplace Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Penjualan Di Tengah Pandemi Covid-19. Scientific Journal Of Rreflection, Volume 4(3), 503–510, 2021

Centurion Chandratama Priyatna, F.X Ari Agung Prastowo dan Fajar Syuderajat, “Digital Marketing Untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (Studi Kasus Pada Coffeestrip Bandung)”, Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, Vol. 9, No. 4, Desember 2020: 283 – 288

Demaz Fauzi Hadi, Kiki Zakiah, “Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Untuk Bersaing Di Era Pandemi”, Volume 16, Nomor 1, Juli 2021.

Dewi Nuraini and Evianah Evianah, “Analisis Perbedaan Kepuasan Konsumen Terhadap Pembelian Produk Baju Secara Online Dan Offline,” Equilibrium: Jurnal Ekonomi-Manajemen-Akuntansi 15, no. 2 (2019): 231, https://doi.org/10.30742/equilibrium.v15i2.629.

Fristica Emiliani, Dkk. “Analisis Pemberdayaan UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Penelitian Mahasiswa Ilmu Sosial, Vol. 1, Isu 1, November 2021,

Hartana "Pengembangan Usaha UMKM Di Masa Pandemi Melalui Optimalisasi Digital Marketing Di Kabupaten Buleleng" Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha Vol. 10 No. 3 (September, 2022)

Hery Haryanto et al., “Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Produktivitas, Efisiensi Dan Pendapatan UMKM JHN Shop Batam,” Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia 2, no. 2 (2022): 181–86, https://doi.org/10.52436/1.jpmi.494.

Icha Tamara Tambunan et al., “Studi Kajian Strategi Promosi Bisnis Pakaian Berbasis Offline Dan Online,” Jurnal Riset Ekonomi Dan Akuntansi 1, no. 2 (2023): 158–66.

Ismai, “E-Commerce Dorong Perekonomian Indonesia, Selama Pandemi Covid-19 Sebagai Entrepreneur,” Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Jumanis) Prodi Kewirausahaan 2, no. 2 (2020): 111–24.

Isnurrini Hidayat Susilowati, “Pengembangan Bisnis Fashion Muslim Dengan Pendekatan Business Model Canvas (BMC),” Jurnal Perspektif, 19, no. 2 (2021): 113–21, https://doi.org/10.31294/jp.v19i2.11183.

Lily Zahra Firdausya, Dicky Perwira Ompusunggu, “Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Di Era Digital Abad 21”, Talijagad, vol. 1, No. 3 2023

Leni Gustina, Welia Novita, and Yohan Triadi, “Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang,” Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis 4, no. 1 (2022): 152–61, https://doi.org/10.47233/jteksis.v4i1.392.

Martha Rianty and Pipit Fitri Rahayu, “Pengaruh E-Commerce Terhadap Pendapatan UMKM Yang Bermitra Gojek Dalam Masa Pandemi Covid-19,” Akuntansi Dan Manajemen 16, no. 2 (2021)

Nadia Arfan and Hurriah Ali Hasan, “Penerapan Digital Marketing Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah”, Iltizam Journal of Shariah Economic Research 6, no. 2 (2022): 212–24.

Nency Diera Hamanay, L U H Dina Ekasari, and Ahmad Mukoffi, “Dampak Covid-19 Terhadap Pendapatan UMKM Pada Pabrik Usaha Tahu Amda,” Akuntansi Kompetif, 2021, 7.

Nina Rahayu, Ignatius Agus Supriyono, and Eki Mulyawan, “Pembangunan Ekonomi Indonesia Dengan Tantangan Transformasi Digital,” ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal 4, no. 1 (2022): 92–95..

Noansa Pramelia and Teguh Erawati, “E-Commerce, Inovasi, Pricing, Dan Pendapatan UMKM Di Masa Pandemi Covid-19,” Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal 4, no. 6 (2022):

Nova Yanti Maleha, Dkk. “Dampak Covid-19 Terhadap Pendapatan Pedagang Kecil Di Desa Sugih Waras Kec. Teluk Gelam Kab. OKI”, Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, Vol. 7, No. 03, 2021.

Popon Sri Susilawati et al., “Perbandingan Strategi Pemasaran Online Dan Offline Di Era Pandemi Covid-19,” Al-Kharaj : Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah 5, no. 3 (2022): 1080–83, https://doi.org/10.47467/alkharaj.v5i3.1480

Rachmat Slamet et al., “Strategi Pengembangan UKM Digital Dalam Menghadapi Era Pasar Bebas,” Jurnal Manajemen Indonesia 16, no. 2 (2017): 136, https://doi.org/10.25124/jmi.v16i2.319.

Rafika Sari, Hamdan Sayadi, and Siti Komariah, “Sosoalisasi Tantangan Usaha Kecil Di Era Digital Pada Pelaku Usaha Kecil Di Kelurahan Kenten Palembang,” Suluh Abdi 3, no. 2 (2021)

Rose Rahmidani, “Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan,” Seminar Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi(Snema) Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang 5, no. 1 (2015): 345–52, http://www.apjii.or.id/v2/index.php/read/article/apjii-at-media/133/2012-pengguna-internet-di-indonesia-.

Salman Nasution and Purnama Ramadani Silalahi, “Peran Digital Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Kuliner Berbasis Syariah Di Kota Medan,” Jurnal Masharif Al-Syariah:

Sheha Sima, Fadhilah Fadhilah, and Fitriana Fitriana, “Upaya Pengusaha Toko Fashion Offline Dalam Mempertahankan Usahanya Menghadapi Bisnis Fashion Online,” Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga 4, no. 3 (2019): 15–29, http://www.jim.unsyiah.ac.id/pkk/issue/view/ 515.

Shinta Avriyanti, “Strategi Bertahan Bisnis Di Tengah Pandemi Covid-19 Dengan Memanfaatkan Bisnis Digital Usaha Kecil Dan Menengah Kabupaten Tabalong ),” Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Administrasi Publik Dan Administrasi Bisnis 5, no. 1 (2021): 60–74, https://doi.org/10.35722/pubbis.v5i1.380.

Sunyoto, D. Konsep Dasar Riset Pemasaran & Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CAPS, 2014

Triyanto, W. A., Informasi, S. S., Kudus, U. M., Akuntansi, P. S., & Kudus, U. M. “E-Commerce untuk Strategi Peningkatan Pendapatan pada Kelompok Pengrajin Pigura ” Kliwon ” Kudus. Journal Speed : Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 11(2), 1–5. 2019

Warpuah, Dkk. “Analisis Faktor Yang Memperngaruhi Pendapatan UMKM Pada Masa Covid-19 (Studi Kasus Pada UMKM Kluban Di Banjaratma)”, Jurnal Akuntansi dan Bisnis (Akuntansi), Vol 2, No.1, Mei 2022, pp. 41 – 48

Wan Laura Hardilawati, “Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19”, Jurnal Akuntansi & Ekonomika, Vol. 10 No. 1, Juni 2020

Y. L.R Rehatalanit, “Peran E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis,” Jurnal Teknologi Industri 5, no. 0 (2021): 62–69, https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jti/article/view/764

Downloads

Published

2023-12-13

How to Cite

Khusnul Hasiah, Askari Zakariah, & Novita Novita. (2023). Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Era Bisnis Digital. Journal of Islamic Economics and Finance, 2(1), 23–34. https://doi.org/10.59841/jureksi.v2i1.676