Mendulang Hikmah Dari Nasehat Sejarah Yang Terkandung Dalam Al-Quran

Authors

  • Natasya Amanda Universitas Muhammadiyah Riau
  • Bella Keyza Zalianti Universitas Muhammadiyah Riau
  • Reny Septiany Universitas Muhammadiyah Riau
  • Khalisha Zalfa Universitas Muhammadiyah Riau
  • Adelia syafira Universitas Muhammadiyah Riau

DOI:

https://doi.org/10.59841/intellektika.v2i1.825

Keywords:

Koran, advice, history

Abstract

The Koran tells about various problems faced by humans in life. It tells about everything from when a baby grows in its mother's womb, to when someone dies. It provides examples from the past to help us learn lessons and provides advice for the future. The Qur'an is special because it does not mix with what we know from science, and even contains some scientific ideas in it. It talks about things like how people live together, how money works, and how our bodies stay healthy.

 

References

Al-mishbah, T., Islam, P. A., Tinggi, S., Islam, A., & Stain, N. (2023). Analisis Etika Pendidik dalam Persepektif Al- Qur ’ an ; Kajian mengembangkan segala kemampuan dan potensi yang dimiliki oleh setiap manusia yang yang kemudian didukung dengan lingkungan sekolah yang berperan secara signifikan dalam mencapai tujuan pendidikan . Selanjutnya berjalan dari hal tersebut , kemudian tangan seorang guru . Kedua , pada penelitian lain yang ditulis oleh Akhil Pane dan Fathinahaya Nailatsani , dengan judul Kode Etik Guru Menurut Perspektif Islam pada tahun 2022 , menjelaskan bahwa kode etik menjadi acuan bagi seorang guru dalam memberikan bimbingan dan pengarahan kepada peserta didik , serta guru harus insan yang berintelektual dan berakhlak mulia . ( Nurrohmah , 2022 ) Selanjutnya , pada penelitian lainnya yang ditulis oleh Rizqa Ramadhani Lubis , Achyar Zein dan Syamsu Nahar yang berjudul Etika Pendidik Dalam Al- Qur ’ an ( Kajian Surah ‘ Abasa ), menjelaskan bahwa guru harus menjalankan interaksi dan komunikasi yang baik kepada anak didik ,. 5(2), 1–12.

Alfi, M. (2023). Konsep Safar Dan Rukhsah Dalam Perjalanan Menurut Tafsir Ibnu Katsir Dan Tafsir Al-Azhar Skripsi. 55.

Anas, K. (2021). Menggali Prinsip-Prinsip Pluralisme Agama dalam Sorotan Al-Quran. MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 6(1), 113–134. https://doi.org/10.24090/maghza.v6i1.4697

Ar-Rifa’i, M. N. (2011). Kemudahan dari Allah Ringkasan Tafsir Ibnu Katsir. In Jilid 4 (Vol. 1). Gema Insani.

Arbi, Abduh, M. A., Anwar, A., & Hulawa, D. E. (2021). Penguatan Nilai-Nilai Pendidikan Kesalehan tentang Menuntut Ilmu Pengetahuan dan Norma Sosial Bagi Anak Usia Dini dalam Syair Ibarat dan Khabar Qiyamat Karya Syeikh Abdurrahman Shiddiq Al-Banjari. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 4(1), 82–98. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/view/12247%0Ahttp://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/KINDERGARTEN/article/viewFile/12247/6272

Arlina, A., Siagian, M. A., Adelia, P. S., & Rangkuti, R. A. (2023). Upaya Guru Al-Qur’an Hadis Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa di MTs Swasta Madinatussalam. At-Tadris: Journal of Islamic Education, 2(2), 150–163. https://doi.org/10.56672/attadris.v2i2.78

Arnita, S. (2022). Analisis Semiotika Peirce pada Kajian “Healing dengan Al-Qur’an” Studi Kasus YouTube Hanan Attaki. Meyarsa: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Dakwah, 3(2), 62–77. http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/meyarsa/article/view/6766/3214

Elbina Saidah Mamla, W. (2021). Tafsir Maudhu’i Tentang Konsep Pendidikan Karakter Jujur Dalam al-Qur’an. At-Thullab, 1(2), 16.

Haibah, M., Basri, H., Eri Hadiana, M., & Tarsono, T. (2020). Pembiasaan Membentuk Karaktek Peserta Didik Madrasah Miftahul Huda Musi Rawas Utara. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(2), 23–32. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5341

Hasan, W. A., Ibadah, F., & Muamalah, A. (n.d.). AL-ISLAM.

Isnaini, M., Bidin, I., Susanto, B. W., & Hudi, I. (2023). Pendidikan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Pancasila dan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Calon Guru MI / SDIT. 05(04), 11539–11546.

Isnaini, M., Bidin, I., Wahyu Susanto, B., & Hudi, I. (2023). Pendidikan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Pancasila dan Kewirausahaan Pada Mahasiswa Calon Guru MI/SDIT. Journal on Education, 5(4), 11539–11546.

Isran Bidin, Muhammad Isnaini, Misharti, Wismanto, K. A. (2022). Penguatan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Tahfizh Quran Hadits Rabbaniy Internasional Pekanbaru-Riau. Journal on Education, 04(04), 1448–1460. https://jonedu.org/index.php/joe/article/view/2129

Junaedi, D., & Sahliah. (2019). Ikhlas dalam Alquran. Ta’lim JIAI, 1(2), 34–42.

Liriwati, F. Y., & Armizi, A. (2021). Konsep Pendidikan Tauhid Anak Usia Dini Menurut Tafsir Surah Luqman Ayat 13. Seminar Nasional PAUD Holistik Intergratif, September, 117–124. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/paudhi/article/view/896%0Ahttp://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/paudhi/article/viewFile/896/651

Muslim, Yusri, Y., Syafaruddin, Syukri, M., & Wismanto. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dasar Islam dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Religius di Era Disrupsi ( Studi kasus di SD Islam Al Rasyid Kota Pekanbaru ). Journal of Education, 05(03), 10192–10204.

Omairah, S., Ahmad, B. T., Dakwah, F., Komunikasi, D. A. N., Ar-raniry, U. I. N., & Aceh, D. B. (2020). Identifikasi ayat-ayat al- quran terkait dengan kesedihan (.

Rifai, A. (2018). Pendidikan Karakter Dan Pendidikan Akhlak. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 9(17), 97–116. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.55

Rusli Ibrahim, Asmarika, Agus Salim, Wismanto, A. (n.d.). Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru. 4(1), 1082–1088.

Sri Indriyani, NerianiDzakirah Nur AssyifaMaya Wulan sari, W. (2023). Korelasi Kedudukan dan Fungsi Sunnah Sebagai Sumber Hukum dengan Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik. 1(2), 123–135.

Suprima, S. (2022). Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Kecerdasan Emosional Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 5(1), 26. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v5i1.1664

Susanto, B. W., & Lasmiadi, A. Muallif, Wismanto, A. Z. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama islam dalam membentuk akhlak berkomunikasi peserta didik. 12, 327–337.

Sya’bani, M. Z., & Has, Q. A. Bin. (2023). Relevansi Bahasa Arab dalam Dakwah : Refleksi atas kedudukan bahasa arab sebagai bahasa Al-Quran (Tinjauan Literatur). Ath-Thariq ; Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 07(01), 97–111.

Syukri, Abdul Rouf, Wismanto, K. A. R. Q. (2023). Manajemen kepala Madrasah Ibtidaiyah dalam menumbuhkan pendidikan karakter religius pada era digital. Jurnal on Education, 6(1), 13. https://doi.org/10.29210/146300

Viera Valencia, L. F., & Garcia Giraldo, D. (2019). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2(2), 89–96.

Wismanto, Alhairi, Lasmiadi, A Mualif, A. (2023). Aktualisasi Peran Guru Aqidah Akhlak dalam Mengembangkan Karakter Toleransi Peserta didik Pada Sekolah Dasar Islam Ar-Rasyid Pekanbaru. 4(4), 1625–1633.

Wismanto, Ananda, D., Nandiani, E. M., Anggelia, J., & Efendi, S. N. (2024). Ajaran dan gaya hidup dalam islam 1. 1(1), 52–64.

Wismanto., Zuhri Tauhid., A. Z. (2023). Upaya Pencegahan Budaya syirik di Media Sosial melalui Pendidikan Islam Berbasis Al Islam kemuhammadiyahan. 12, 338–350.

Wismanto. (n.d.). Urgensi Guru PAI Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Era Disrupsi-Parafrase.

Wismanto Abu Hasan. (2016). Kitabut Tauhid “Esa-kanlah Aku.” Nasya Expanding Manajemen.

Wismanto Abu Hasan. (2018). Syarah Kitab Empat Kaidah Dasar memahami Tauhid dan syirik (1st ed.). Cahaya Firdaus.

Downloads

Published

2024-01-15

How to Cite

Natasya Amanda, Bella Keyza Zalianti, Reny Septiany, Khalisha Zalfa, & Adelia syafira. (2024). Mendulang Hikmah Dari Nasehat Sejarah Yang Terkandung Dalam Al-Quran. Intellektika : Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 115–127. https://doi.org/10.59841/intellektika.v2i1.825

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.