Strategi Peningkatan Pendapatan Pedagang Kaki Lima (PKL) dengan Analisis Business Model Canvas (Studi Kasus: Pedagang Kaki Lima Lapangan Kantin Wirabraja di Bukittinggi)

Authors

  • Tania Octavia Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Andis Febrian Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.59841/glory.v2i3.1305

Keywords:

Income Generation Strategy, Constraints, Business Model Canvas (BMC)

Abstract

The economic sector is currently experiencing rapid development, including the informal business sector that aims to fulfil the needs of life. Street vendors (PKL) are included in this sector with small capital and businesses that are private or group, utilising the crowd. Along with economic development, competition among street vendors is getting tighter, including in the Wirabraja canteen field, Bukittinggi, the majority of which are engaged in the culinary sector and children's entertainment. This study aims to determine the strategies to increase income and the obstacles faced by street vendors using Business Model Canvas (BMC) analysis. This research is descriptive qualitative with data collection methods through observation, interviews, and documentation. The results showed that Wirabraja canteen field vendors already know the strategy of increasing income and overcoming natural obstacles such as weather by bringing their own equipment. Income generation strategies are analysed through two important elements of BMC, namely Customer Segments and Customer Relationships.

References

A., Khoirul, & Herlina, N. (2017). Analisis segmentasi terhadap keputusan pembelian produk Eiger di Bandar Lampung. Jurnal Manajemen Magister, 3(1).

Abdussamad, Z. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV Syakir Media Press.

Amalia, W. (2020). Perilaku pedagang pasar tradisional dalam meningkatkan pendapatan di Desa Anyar Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok Utara (Skripsi, Universitas Negeri Mataram).

Bagis, F., et al. (2020). Ibm strategi peningkatan pendapatan masyarakat melalui program diversifikasi produk dan digital marketing pada anggota Aisyiyah Tanting Bojanegara Kecamatan Sigaluh Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Budimas, 2(1).

Darmawan, K., et al. (2022). Strategi peningkatan pendapatan pedagang kaki lima di masa pandemi COVID-19. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(9).

Herman, S. A. (2016). Metode penelitian bisnis pendekatan kuantitatif dan kualitatif.

Hidayat, N., et al. (2023). Strategi bisnis usaha mikro menggunakan business model canvas. Media Riset Bisnis Ekonomi Sains dan Terapan, Universitas Muhammadiyah Jakarta, 1(1).

Hofifah, S. (2020). Analisis persaingan usaha pedagang musiman di Ngebel Ponorogo ditinjau dari perspektif etika bisnis Islam. Jurnal Rumpun Ekonomi Syariah, 3(2).

Khoiriyah, M., et al. Strategi pengembangan usaha mikro melalui metode business model canvas pada pengrajin ban bekas di Tulungagung. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 6(2).

Majid, S., et al. (2019). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan petani rumput laut di Desa Nain Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal EMBA, 7(3).

Massape, B. N. A. (2017). Modul pelatihan business model canvas bagi mahasiswa program wirausaha. Unit Pengembangan Kewirausahaan dan Bisnis Universitas Hasanuddin dan Inkubator Bisnis UNHAS.

Maulana, A. (2023). Analisis strategi peningkatan pendapatan usaha mikro kecil menengah pada masa pandemi COVID-19 dalam perspektif hukum Islam. Jurnal Penelitian Multidisiplin Ilmu, 1(6).

Mongkito, W. A. (2021). Strategi peningkatan pendapatan usaha mikro pada masa pandemi COVID-19 ditinjau dari perspektif etika bisnis Islam (Studi: EKS MTQ Kota Kendiri). IAIN Kendiri Jurnal Robust-Research Business and Economics Studies, 1(2).

Murni, et al. (2020). Analisis strategi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada toko kerajinan tangan Radja Banjar Martapura. Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arstyad Al Banjari.

Nanda, I. (2019). Pengaruh biaya produksi terhadap perolehan laba (Studi kasus: Pedagang kaki lima Lapangan Kantin Bukittinggi) (Skripsi, IAIN Bukittinggi).

Puspitaningrum, Y., & Damanuri, A. (2022). Analisis lokasi usaha dalam meningkatkan keberhasilan bisnis pada grosir Berkah Doho Dolopo Madiun. Jurnal of Economics and Business Research, 2(2).

Rahayu, E. I. (2020). Strategi bisnis dalam meningkatkan pendapatan pedagang kaki lima di Alun-Alun Ponorogo (Skripsi, IAIN Ponogoro).

Saputra, B. R. (2014). Profil pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di badan jalan (Studi di Jalan Teratai dan Jalan Seroja Kecamatan Senapelan). Jurnal Jom Fisip, 1(2).

Suddana, A. (2019). Perubahan perilaku pedagang pasca revitalisasi Blok III Pasar Raya Padang (Skripsi, Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Andalas Padang).

Sularsih, H., & Nasir, A. (2021). Strategi UMKM dalam meningkatkan pendapatan di masa pandemi COVID-19 guna mempertahankan kelangsungan usaha di era revolusi industri 4.0 (Studi pada UMKM makanan dan minuman di Kabupaten Pasuruan). Jurnal Paradigma Ekonomika, 16(4).

Yuliani, N., et al. (2020). Analisis penerapan strategi business model canvas (BMC) pada komunitas kuliner STII-OK OCE untuk tumbuh dan bangkit lebih kuat di era digitalisasi. Jurnal IKRAITH-Ekonomi, 5(3).

Published

2024-06-10

How to Cite

Tania Octavia, & Andis Febrian. (2024). Strategi Peningkatan Pendapatan Pedagang Kaki Lima (PKL) dengan Analisis Business Model Canvas (Studi Kasus: Pedagang Kaki Lima Lapangan Kantin Wirabraja di Bukittinggi). Global Leadership Organizational Research in Management, 2(3), 54–67. https://doi.org/10.59841/glory.v2i3.1305