Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SDN I, II dan III Harapan Jaya Bekasi Utara, Kota Bekasi

Authors

  • Riza Fauziah Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

DOI:

https://doi.org/10.59841/excellence.v1i3.413

Keywords:

work environment, work discipline, and teacher performance

Abstract

This research aims to determine simultaneously and partially the variables, namely Work Environment and Work Discipline on Teacher Performance at SDN Harapan Jaya North Bekasi in Bekasi City. This research was conducted at SDN I, II, and III Harapan Jaya, North Bekasi, Bekasi City. In this study, a quantitative approach was used and data analysis was used, namely the classical assumption test and multiple linear analysis, to test and prove the research hypothesis using SPSS (Statitical Product and Service Solution) versionThe population in this study were all teachers of SDN I, II dan III Harapan Jaya North Bekasi Bekasi City, totaling 53 respondents. The results of this study indicate that partially the work environment has a significant and significant effect on teacher performance. Work Discipline has a partial and significant effect on Teacher Performance. Work Environment and Work Discipline have a simultaneous effect on Teacher Performance.

References

Adita, F. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, Dan Penghargaan Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Empiris pada OPD di Kabupaten Magelang ). Skripsi Universitas Muhammadiyah Magelang.

Aisyah, S. (2018). Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Sungai Batang Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau. 0651, 7553020.

Arianti. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134.https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.18 1

Debyan Pratiwi, A. (2015). Hubungan Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Di Smk Bhakti Karya 1 Magelang (Vol. 151).

Dr. Rahmat, H. M., dan Dr. Abdillah, S.Ag, M. P. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya” (D. C. W. Wijaya dan M.

P. Amiruddin (eds.); Lembaga Pe). September 2019. http://repository.uinsu.ac.id/8064/1/Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat %26 Abdillah.pdf

Elfita, R., Zulhaini, dan Mailani, I. (2019).Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Di MTS Negeri Sentajo Filial Singingi Kecamatan Singingi Kabupaten Kuantan Singingi. Jurnal Al-Hikmah, 1(1), 37–55.

http://www.ejournal.uniks.ac.id/index.php/ Alhikmah/article/view/84

Fahmi Kamal, Widi Winarso, dan Wastam Wahyu Hidayat. (2020). Pengaruh Absensi Fingerprint Terhadap Peningkatan Disiplin Kerja Pegawai Pada Kementerian Komunikasi Dan Informatika. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Manajemen, 16(2), 32–49. https://doi.org/10.31599/jiam.v16i2.352

Ferawati, A. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT. Cahaya Indo Persada. Jurnal Agora, 5(1), 1–131.

http://eprints.uny.ac.id/41801/1/AdityaNur Pratama_12808144059.pdf

Hadiati, E. (2018). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru MTS Se- Kota Bandar Lampung. I, 1–19.

Haikal Pasya, L. (2016). Pengaruh Disiplin Kerja, Lingkungan Kerja, Dan Kompetensi Terhadap Kinerja Tenaga Pendidik (Studi Kasus Pada SMA Negeri 7 Tangerang Selatan). Revista CENIC. Ciencias Biológicas, 152(3), 28.

file:///Users/andreataquez/Downloads/guia- plan-de-mejora- institucional.pdf%0Ahttp://salud.tabasco.g ob.mx/content/revista%0Ahttp://www.revis taalad.com/pdfs/Guias_ALAD_11_Nov_20 13.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.15446/revfa cmed.v66n3.60060.%0Ahttp://www.cenete c.

Haji, S. (2019). Problematika Sumber Daya Manusia (SDM) Di Sekolah Dasar Yang Terletak Di Daerah Terpencil. 868–874.

Hidayat, Z. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru, Disiplin Kerja Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Guru Di SMA N 1 Jekulo Kudus. In Journal of Chemical Information and Modeling.

Irawan, E., Nurhadi, N., dan Yuhastina, Y. (2021). Peran komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan: Studi pada SMP Negeri 1 Surakarta. Jipsindo, 8(1), 15–28. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v8i1.3853 3

Iskandar, S. (2018). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Disiplin Kerja Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru SMK N 4 Padang (Studi Kasus Pada SMK N 4 Padang). 7(2), 11–22.

Islamidina, A. A., dan Sri Wulandari, S. (2021). Pengaruh tata ruang kantor, lingkungan kerja dan prestasi kerja terhadap semangat kerja tenaga kependidikan di SMKS Krian 2 sidoarjo. 9(2).

Lestri. (2020). Pengaruh Komitmen Kerja, Motivasi Kerja, Stres Kerja, Lingkungan Kerja Non Fisik, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SMA Kartika I-5 Padang [(STKIP) PGRI Sumatera Barat]. In (STKIP) PGRI Sumatera Barat(Vol. 8,Issue 75). https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798% 0A https://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.00 2%0A http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubme d/810049%0A http://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0A http://www.sciencedi rect.com/science/article/pii/B97808570904 09500205%0Ahttp:

Lubis, S. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Medan. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 6(1), 18– 26. https://doi.org/10.30596/edutech.v6i1.4391

Maulana, A. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pendidik Dan Tenaga Kependidikan SMPN 1 Enok Kabupaten Indragiri Hilir. 3(1), 1–13.

Novira, M., M, A., dan Yulistia. (2022). Pengaruh lingkungan kerja dan semangat kerja terhadap kinerja tenaga kependidikan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan universitas negeri padang. 4(2), 303–316.

Nuratikoh, dan Rony, Z. T. (2022). Pengaruh Keseimbangan Kehidupan Kerja Dan Lingkungan Kerja Non Fisik Terhadap Kinerja Pegawai Perumda Tirta Patriot. 18(2).

Nurhasanah. (2019). Pengaruh Keterampilan Kerja Dan Fasilitas Terhadap Produktivitas Kerja Persatuan Nelayan Kampung Bugis Kota Tanjungpinang. 2(2), 83–93.

Pianda, D. (2018). Kinerja Guru (D. Pianda (ed.); CV Jejak). Tim CV Jejak. https://books.google.co.id/books?id=d7Vs DwAAQBAJdanprintsec=copyrightdanhl=i d#v=onepagedanqdanf=false

Pratiwi, A. D. (2015). Hubungan Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Di SMK Bhakti Karya1 Magelang. Universitas Negeri Yogyakarta.

Purnamasari, D. (2018). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta Sekecamatan

Pondok Aren. Jurnal Saintika Unpam : Jurnal Sains Dan Matematika Unpam, 1(1), 108.https://doi.org/10.32493/jsmu.v1i1.1607

Setiawan, G. (2019). 2.1. 1–64. Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.

Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, Dan Fungsi Guru Dalam Pendidikan. Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah,1(1), 88-97.https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10

Suhartini. (2016). Pengaruh Disiplin Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar (SD) Swasta Sultan Agung Pematangsiantar. Maker: Jurnal Manajemen, 2(2), 26–32. https://maker.ac.id/index.php/maker/article/ view/44/44

Sunarno, S. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Bekasi Barat. Kinerja, 3(2), 230–244. https://doi.org/10.34005/kinerja.v3i02.1554

Susanto, H. (2012). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 197–212.

Tanjung, D. H. (2015). Pengaruh Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Pada Dinas Sosial Dan Tenaga Kerja Kota Medan. 15(01), 27–36.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Riza Fauziah. (2023). Pengaruh Lingkungan Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru SDN I, II dan III Harapan Jaya Bekasi Utara, Kota Bekasi. Journal Economic Excellence Ibnu Sina, 1(3), 266–282. https://doi.org/10.59841/excellence.v1i3.413