Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Minat Beli pada Iphone 15 Pro Max di Kota Palembang
DOI:
https://doi.org/10.59841/excellence.v3i2.2804Keywords:
Marketing Mix, Place, Price, Product, PromotionAbstract
The research was conducted to examine the influence of the marketing mix (product, price, place, and promotion) on consumers' purchase intention of the iPhone 15 Pro Max in Palembang City. The research employed a quantitative approach with purposive sampling involving 200 respondents. Data were collected through questionnaires and analyzed using multiple linear regression. The results show that all four elements of the marketing mix have a significant effect on purchase intention, both simultaneously and partially. Product and promotion emerged as the dominant factors influencing consumer decisions. This study provides important implications for Apple’s marketing strategies and for local business actors in the premium technology industry.
References
Aditiya, I. M. (2023). Proyeksi kepemilikan ponsel pintar masyarakat Indonesia. Goodstats. https://goodstats.id/article/proyeksi-kepemilikan-ponsel-pintar-masyarakat-indonesia-Bqrlk
Azrullah, M. M., & Suriyok, K. (2022). Pengaruh harga, produk dan tempat terhadap minat beli pelanggan (studi pada UKM Chicken Shilin Kampung Yadika Bangil). Jurnal ..., 10(1), 1–6. (Nama jurnal tidak lengkap, mohon lengkapi)
Chaerunnisa, T. U. A., Aliyudin, Y., Yulianto, A., Riono, S. B., & Adita, M. D. (2023). Analisis pengaruh harga produk, citra merek, kualitas produk, dan promosi terhadap minat beli produk sabun Lifebuoy di Minimarket Sari Mulya Kaligangsa. Journal of Economic, Management and Entrepreneurship Research, 1(4), 29–42.
Esti Dwi Rahmawati. (2023). Manajemen pemasaran. Pustakabarupress.
Fernos, J., & Ayadi, A. S. (2023). Pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli konsumen pada Toko Donat Madu Lapai. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 3(2), 593–604.
Gunawan, G., & Keni. (2022). Pengaruh brand awareness, brand image, dan marketing mix terhadap purchase intention kopi bubuk lokal di Bali. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 6(4), 353–358.
Hidayat, T., & Faramitha, N. R. (2022). Pengaruh kualitas produk terhadap minat beli (studi kasus pada smartphone Samsung di Neo Komunika). Jurnal ..., 10(1), 195–202. (Nama jurnal tidak lengkap, mohon lengkapi)
Ihsannudin, S., Nurul Nugraha, R., & Husnul Chotimah, T. (2022). Penerapan bauran pemasaran pada Teraskita Hotel Jakarta. Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata dan Perhotelan, 1(3), 314–322. https://doi.org/10.55606/jempper.v1i3.497
Kasmir. (2022). Pengantar metodologi penelitian untuk ilmu manajemen, akuntansi, dan bisnis (Monalisa, Ed.; 1st ed.). Rajawali Pers.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2020). Marketing (Edisi pertama). Pearson Educación.
Kotler, P., Armstrong, G., & Opresnik, M. O. (2021). Principles of marketing (18th ed.). Pearson Education Limited.
Lestari, P., & Saifuddin, M. (2020). Implementasi strategi promosi produk dalam proses keputusan pembelian melalui digital marketing saat pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA), 3(2), 23–31. https://doi.org/10.15642/manova.v3i2.301
Mishra, S., Sharma, B. K., Gautam, O., Nandre, V. B., & Bhatt, V. (2023). Marketing management: An Indian perspective. Clever Fox Publishing.
Muid, A., & Souisa, J. (2023). Pengaruh harga, promosi dan kualitas produk terhadap minat beli konsumen sepatu Aerostreet. Ekono Insentif, 17(2), 107–122.
Nayomi, S., Muharam, H., & Wibowo Irawan, A. (2023). Pengaruh bauran pemasaran terhadap minat beli produk wearable smartwatch Xiaomi (studi pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pakuan). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Manajemen, 8(1), 1–16.
Nugroho, M. I., Damara, R. D., & Sanjaya, V. F. (2023). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap minat beli iPhone: Studi kasus mahasiswa UIN Raden Intan Bandar Lampung. Srikandi: Journal of Islamic Economics and Banking, 2(1), 35–44.
Permata Sari, D. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian: Kualitas produk, harga kompetitif, lokasi (literature review manajemen pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 524–533.
Policarpio, J. E. A. (2024). Principles of marketing. Toronto Academic Press.
Puspitasari, N., Aphrodite, N., & Sulaeman, E. (2023). Pengaruh promosi, brand ambassador dan Korean wave terhadap minat beli produk Somethinc. Warta Dharmawangsa, 17(1), 302–314.
Rachman, Y. (2024). Oppo duduki posisi pertama pasar smartphone di Indonesia. Peluang News. https://peluangnews.id/oppo-duduki-posisi-pertama-pasar-smartphone-di-indonesia/
Raghavendra, & Hemanth. (2021). Marketing management. Wizard Publisher.
Sabilla, S., Fasa, M. I., & Suharto. (2022). Analisis implementasi strategi bauran pemasaran perbankan syariah dalam perspektif ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi, 1(3), 253–268.
Sari, C. P., Dasmadi, D., & Rahayu, L. P. (2020). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian produk (studi kasus pada industri tahu Dadi Jaya di Boyolali tahun 2020). EKOBIS: Jurnal Ilmu Manajemen dan Akuntansi, 8(2), 49–60.
Sari, S. P. (2020). Hubungan minat beli dengan keputusan pembelian pada konsumen. Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147–155.
Sholihah, A. H., & Fuadilah Habib, M. A. (2023). Strategi bauran pemasaran dan rantai pasok dalam meningkatkan usaha penjualan Bakpia Basah Ahmad’s Family. As-Syirkah: Islamic Economic & Financial Journal, 3(1), 233–250.
Suhatman, Sari, M. R., Nagara, P., & Nasfi. (2020). Pengaruh atribut produk dan promosi terhadap minat beli konsumen kota Pariaman di toko online Shopee. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Ekonomi, 1(2), 26–41.
Tjiptono. (2020). Strategi pemasaran: Prinsip dan penerapan. Andi.
Utama, A. P. (2023). Manajemen pemasaran: Konsep dasar dan ruang lingkup (N. Duniawati, Ed.; 1st ed., April Issue). CV. Adanu Abimana.
Waruwu, D. S., Harefa, A., Lase, B. P., & Harefa, A. T. (2024). Dampak perkembangan teknologi smartphone pada masyarakat. Jurnal ..., 7, 11237–11247.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Journal Economic Excellence Ibnu Sina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.